Sukses


Nasib Cristiano Ronaldo di Juventus Mulai Terusik, 4 Klub Ini Bisa Jadi Opsi Pelabuhan Barunya

Bola.com, Jakarta - Masa depan Cristiano Ronaldo menjadi sorotan setelah Juventus didepak Porto dari Liga Champions. Juventus dianggap sia-sia mendatangkan Ronaldo karena tak juga membantu meraih gelar yang sudah lama diidamkan, yaitu trofi Liga Champions. 

Juventus dikabarkan akan merombak dan membangun ulang tim setelah gagal total di Liga Champions musim ini. Bianconeri juga akan berdiskusi dengan Cristiano Ronaldo untuk membahas masa depannya. 

Media Italia Tuttosport, seperti dikutip Football Italia, Kamis (11/3/2021), mengklaim kelanjutan masa depan Cristiano Ronaldo diragukan setelah musim yang sulit bagi Juventus itu. Apalagi, Andrea Pirlo juga terus bertanggung jawab atas proyek peremajaan di Bianconeri.

Pemain Portugal berusia 36 tahun itu menyumbang 20 gol dalam 22 pertandingan di Serie A musim ini. Namun, musim ini prestasi Juventus jauh dari mengesankan. 

Si Nyonya Tua terancam gagal mempertahankan gelar Serie A, karena sudah tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen, Inter Milan. Tim besutan Andrea Pirlo juga sudah tersingkir dari 16 besar Liga Champions setelah gagal bersaing dengan FC Porto. 

Jurnalis Italia Fabrizio Romano mengklaim Juventus dan Cristiano Ronaldo akan duduk bersama membahas kelanjutan kontrak sang pemain yang habis pada musim panas 2022. Ada kemungkinan mantan pemain Manchester United dan Chelsea itu hengkang setahun lebih awal dari kesepakatan kontrak.   

Namun, tidak mudah mencari klub yang mau menampung Cristiano Ronaldo. Selain usianya sudah tidak lagi muda, gajinya juga selangit. 

Empat tim ini digadang-gadang bisa menjadi opsi pelabuhan baru Cristiano Ronaldo jika meninggalkan Juventus pada musim panas ini, seperti dilansir Goal Internasional, Kamis (11/3/2021).  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 5 halaman

1. Manchester United

Di atas romansa comeback sang bintang ke Old Trafford, tim asuhan Ole Gunnar Solskjer mungkin paling cocok untuk Ronaldo dari perspektif taktik.

Solskjaer tidak memuja taktik bermain dengan tekanan tinggi, pergantian posisi yang rumit, atau semacam detail taktis yang dapat membuat Ronaldo kehilangan minat.

Solskjaer membiarkan individualisme berkuasa, memberi keleluasan striker mengimprovisasi garis serang mereka dan mengatur pola penguasaan bola. Cara bermain Bruno Fernandes adalah contoh yang sempurna.

Bintang Portugal, yang bekerja sama baik dengan Ronaldo di Timnas Portugal, sukses di Inggris karena dipercaya oleh manajernya untuk mengembangkan strateginya sendiri.

Meski bercokol di peringkat kedua klasemen sementara, lini serang Manchester United masih kurang bertaji. Setan Merah butuh amunisi tambahan.  Ronaldo sepertinya cocok mengisi kebutuhan di klub lamanya tersebut. 

 

3 dari 5 halaman

2. Real Madrid

Real Madrid Real Madrid tidak pernah terlihat koheren di bawah Zinedine Zidane. Selain dihantam krisis cedera yang parah, Los Blancos juga menderita karena ketergantungan berlebihan pada bintang-bintang tua.

Zidane tidak menggunakan taktik yang sangat rumit dan, jadi kembalinya Ronaldo ke Bernabeu terasa masuk akal.

Namun, sulit bagi Madrid memboyong pemain di atas usia 30 tahun dan berharga mahal. Klub raksasa Spanyol itu sedang menghadapi krisis finansial akibat pandemi Covid-19. 

Luka Modric, Toni Kroos, dan Casemiro terus bertahan di lini tengah, sementara sektor serang gagal disatukan oleh Karim Benzema.

Tidak mengherankan jika terus dibiarkan, skuad Real Madrid akan semakin lesu dan menua. Zidane butuh pemain yang muda, yang masih lapar gelar, bukan mendatangkan lagi mantan superstar mereka. 

Namun, jika ingin mencari solusi jangka pendek, bukan tak mungkin skenario itu akan dicoba oleh Real Madrid. 

 

4 dari 5 halaman

3. Paris Saint-Germain (PSG)

Paris Saint-Germain memiliki visi sendiri tentang bagaimana cara bermain sepak bola. Seperti yang diketahui fans Tottenham Hotspurs, Muoricio Pochettino membutuhkan deretan pemain muda untuk menjalankan visinya yang terinspirasi dari Marcelo Bielsa, yaitu menyuguhkan permainan yang cepat dan mudah berubah.

Sebagian fans PSG khawatir duet Kylian Mbappe dan Neymar mungkin tidak bisa bekerja sama dengan baik di tim Pochettino. Mbappe mungkin mudah menerima filosofi permainan Pochettino, tapi Neymar diragukan.

Namun, melihat krisis finansial di dunia, tampaknya tidak ada klub Eropa yang benar-benar mampu memboyong Mbappe atau Neymar dalam waktu dekat. Artinya, PSG juga akan sulit memboyong Ronaldo, karena gajinya jelas sangat besar.  

Skenario memboyong Ronaldo mungkin baru terbuka jika ada klub yang mampu membeli Neymar atau Mbappe.  

 

5 dari 5 halaman

4. Inter Miami

Sang pemilik klub, David Beckham, mengatakan ambisinya adalah untuk membawa "pemain hebat" seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ke Inter Miami. Namun, ia bersikeras dengan komitmen bahwa superstar mana pun yang ingin bergabung dengan franchise MLS-nya harus tepat untuk tim.

Berbicara pada hari Sabtu di sebuah acara untuk meluncurkan jersey baru Miami, salah satu pemilik Inter Miami, Beckham mengatakan bahwa prioritas klub adalah mengembangkan bakat yang tumbuh di dalam negeri sebagai landasan kesuksesan jangka panjang waralaba - seperti yang terjadi di Manchester United.

Namun, dia mengakui bahwa 'percikan bintang' pada pasukan Phil Neville juga menjadi bagian dari strategi Inter Miami.

"Saya telah mengatakan sejak hari pertama bahwa sistem akademi kami adalah bagian besar dari klub ini dan jika kami dapat membawa pemain ke sini yang telah hidup dan menghembuskan napas Inter Miami maka itulah tujuannya," kata Beckham kepada AFP.

“Tapi kami juga tahu bahwa berada di Miami, fans kami ingin melihat bintang-bintang besar."

"Kami sudah memiliki pemain seperti Gonzalo Higuain dan Blaise Matuidi yang menambah kemewahan dan glamor, tetapi juga di masa depan kami ingin memiliki kesempatan untuk membawa beberapa nama hebat masuk," kata David Beckham lagi.

Pada usia 36, Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dan telah mempertahankan performa mencetak gol sensasionalnya sejak pindah ke Juventus dari Real Madrid pada 2018. Penyerang Portugal itu sebelumnya juga telah mengindikasikan keinginan untuk pindah ke AS.

Ditanya tentang Messi dan Ronaldo, Beckham menolak mengesampingkan kepindahan untuk kedua pemain tersebut. "Pemain yang datang ke klub ini harus tepat untuk tim, masih memiliki ambisi dan ingin menang."

"Jadi siapa pun pemain yang kami ajak bicara, kami harus memastikan itu adalah prioritas."

"Tentu saja, kami selalu ingin mendatangkan pemain hebat. Miami adalah daya tarik yang bagus bagi siapa pun dan pemain seperti itu [Messi dan Ronaldo] adalah jenis yang kami cita-citakan untuk dibawa ke sini."

Sumber: Goal Internasional, BBC 

Video Populer

Foto Populer