Sukses


6 Pemain Kawakan yang Masih Gacor Bermain, Ada yang Berusia 55 Tahun

Bola.com, Jakarta - Tak banyak pesepak bola profesional yang mampu bertahan bersaing dengan kompetitif menjelang usia 40 tahun. Namun, selalu ada pengecualian, seperti Zlatan Ibrahimovic contohnya.  

Ada sejumlah pemain yang masih aktif meski usianya sudah 40 tahun bahkan lebih.

Mereka sudah memulai kariernya sejak tahun 1090-an. Hingga 2022 ini, mereka masih terus aktif bermain atau mampu berkarier hingga dua dekade.

Butuh fisik dan stamina yang bagus untuk melakukannya. Mereka harus bertarung dengan para pemain muda yang memiliki kecepatan dan fisik yang lebih prima.

Tidak hanya level klub, para pemain yang masih aktif hingga usia 40 tahun ini juga mantan pemain penting di timnas masing-masing. Mereka mampu menciptakan rekor penampilan yang fantastis bersama timnas maupun klub.

Berikut 6 pemain yang masih aktif hingga usia 40 tahun bahkan lebih, salah satunya Zlatan Ibrahimovic. Meski sudah berusia hampir separuh abad, namun mereka masih mampu menunjukan kualitasnya.

 

2 dari 7 halaman

1. Zlatan Ibrahimovic (40 Tahun)

Tahun debut profesional: 1999

Wartawan olahraga Italia, Fabrizio Romano, mengkonfirmasi perpanjangan kontrak Zlatan Ibrahimovic di AC Milan selama setahun ke depan. Dia akan mendapatkan antara 1 juta hingga 1,5 juta euro bersih per musim, ditambah bonus tergantung pada penampilannya.

Banyak orang beranggapan striker Swedia ini akan pensiun setelah musim lalu berakhir. Ibra mencetak delapan gol dalam 27 pertandingan untuk Milan musim lalu dan membantu Rossoneri memenangkan gelar Serie A pertama sejak 2011.

"Saya ingin bermain selama saya bisa," katanya kepada UEFA.com awal tahun ini. "Kenyataannya adalah saya akan bermain sampai saya melihat seseorang lebih baik daripada saya, jadi saya masih bermain. Masa depan masih harus ditulis," sambungnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Gianluigi Buffon (44 Tahun)

Tahun debut profesional: 1995

Gianluigi Buffon merupakan satu di antara sekian legenda sepak bola Italia. Meski sudah berusia 44 tahun, dia masih aktif bermain.

Buffon yang mengawali karier profesionalnya bersama klub Liga Italia, Parma, nampaknya belum memutuskan segera gantung sepatu. Setelah berseragam Juventus dan Paris Saint-Germain, Buffon kembali ke Parma.

"Selama saya tampil seperti ini, selama saya baik-baik saja dan saya memiliki antusiasme dan gol, saya akan bermain. Kemudian ketika salah satu komponen ini hilang, saya akan pergi tanpa masalah," ujar Buffon.

 

4 dari 7 halaman

3. Roque Santa Cruz (40 Tahun)

Tahun debut profesional: 1997

Roque Santa Cruz sudah melalangbuana di berbagai liga top Eropa sejak pergantian milenium baru. Dia pernah bermain untuk Bayern Munchen, Blackburn Rovers, dan Manchester City.

Meski berusia lebih dari 40 tahun, Cruz masih aktif bermain sebagai pemain profesional. Dia saat ini bermain untuk Club Libertad yang merupakan klub papan atas Paraguay.

Sebelumnya, Santa Cruz menghabiskan lima tahun bersama Olympia dan memenangkan beberapa gelar liga dan Copa Paraguay. Dia saat itu mencetak 75 gol dalam 178 penampilan dalam prosesnya.

 

5 dari 7 halaman

4. Milan Baros (40 Tahun)

Tahun debut profesional: 1998

Mantan striker Liverpool, Milan Baros, saat ini tidak aktif bermain sebagai seorang profesional. Namun dia masih terus bermain sepak bola bagi klub asal kampung halamannya, FK Vigantice di divisi keenam Liga Ceska.

Nama Milan Baros mulai terangkat saat meraih gelar top skor dan sepatu emas pada Euro 2004. Dia juga bermain konsisten bagi Liverpool di Liga Inggris.

 

6 dari 7 halaman

5. Shunsuke Nakamura (44 Tahun)

Tahun debut profesional: 1997

Shunsuke Nakamura merupakan bintang Glasgow Celtic antara 2005 hingga 2009. Pemain yang memiliki spesialis tendangan bebas itu masih bermain secara profesional meski berusia 44 tahun.

Kini dia bermain untuk klub kasta kedua Liga Jepang, Yokohama FC. Untuk level timnas, Nakamura memutuskan gantung sepatu pada tahun 2010 usai membuat 98 kali penampilan untuk Jepang.

 

7 dari 7 halaman

5. Kazuyoshi Miura (55 Tahun)

Tahun debut profesional: 1986

Kazuyoshi Miura memang sudah berusia lebih dari setengah abad. Namun dia masih bermain secara profesional di klub kasta keempat Suzuka Point Getters.

Suzuka Point Getters merupakan klub milik kakak laki-lakinya, Yasutoshi yang berusia 57 tahun. Miura melakukan debut profesionalnya pada 1986 dan bermain hingga 2022.

Pesepak bola profesional tertua di dunia ini memulai kariernya dengan klub Brasil Santos. Dia mencetak 55 gol dalam 89 penampilan untuk tim nasional Jepang dan juga membuat beberapa penampilan untuk tim futsal negaranya pada tahun 2012.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer