Sukses


Starting XI Pemain Kesayangan Pep Guardiola: Lionel Messi Tak Tergantikan

Bola.com, Jakarta - Pep Guardiola terkenal sebagai satu di antara pelatih terbaik di generasinya. Dia sangat sukses ketika menangani Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

Tidak hanya bergelimang gelar juara, Pep Guardiola juga sangat diberkati dengan beberapa pemain luar biasa yang pernah bekerja sama dengannya. "Saya adalah orang yang beruntung berada di Barcelona, Bayern dan di sini, saya melatih para pemain yang luar biasa," kata Guardiola di ManCity.com.

Tentu tidak mudah untuk melatih pemain bintang dan meredam ego mereka demi kepentingan tim. Pep beberapa kali pernah berselisih dengan pemainnya. 

Meski demikian, Pep yang mengawali karier kepelatihan di Barcelona B pada 2007 tersebut, juga memiliki pemain kesayangan. Bahkan jika disatukan bisa jadi starting XI yang hebat. 

Berikut starting XI pemain kesayangan Pep Guardiola. Para pemain yang berasal dari Barcelona, Bayern Munchen hingga Manchester City dan sering dimainkan Pep Guardiola.

 

2 dari 5 halaman

Kiper

Kiper: Ederson

Guardiola langsung bertengkar dengan Joe Hart yang merupakan penjaga gawang Manchester City pada awal kedatangannya di Eitihad.

Namun, penjaga gawang City saat ini, Ederson, merupakan pemain utamanya dengan 275 laga dan empat gelar Premier League, melebihi Victor Valdes yang menjadi kiper andalannya di Barcelona.

 

3 dari 5 halaman

Belakang

Bek kanan: Kyle Walker

Daniel Alves adalah pemain kunci Barcelona selama empat musim berturut-turut di bawah Guardiola, tetapi Walker lebih unggul. Pemain Timnas Inggris ini memasuki musim keenamnya bermain di bawah Pep, setelah tiba bersama Ederson pada 2017.

Bek tengah: John Stones

Salah satu dari tujuh pemain pertama Guardiola sejak tiba di Manchester City pada 2016. Stones telah tampil 224 penampilan untuk City.

Pemain berusia 28 tahun itu bermain lebih banyak untuk Guardiola daripada bek tengah lainnya.

Bek tengah: Gerard Pique

Selain menyingkirkan pemain seperti Deco dan Ronaldinho, salah satu keputusan penting yang dibuat Guardiola saat mengambil alih Barcelona adalah membawa pulang lulusan La Masia, Pique. Sebanyak 183 penampilan pertama dari total 616 penampilan Pique untuk La Blaugrana berada di bawah asuhan Pep.

Bek kiri: Eric Abidal

Pep kerap menggonta-ganti bek kiri City mulai dari Gael Clichy, Fabian Delph, Oleksandr Zinchenko, Joao Cancelo, dan kini Rico Lewis yang masih muda. Tetapi nama Abidal justru yang paling banyak dipercaya oleh Pep. Bahkan saat pulih dari tumor hati, dia langsung jadi starter.

 

4 dari 5 halaman

Tengah

Gelandang bertahan: Fernandinho

Sergio Busquets membantu menerapkan gaya tiki-taka Barcelona yang dicetuskan Guardiola. Tetapi, Fernandinho yang lebih cerdik membuat Guardiola kerap bereksperimen.

Hasilnya, dia menyabet lima gelar Premier League dan empat di antaranya di bawah asuhan Pep.

Gelandang tengah: Kevin De Bruyne

Gelandang Belgia itu baru-baru ini menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang mencapai 300 penampilan untuk Guardiola. Dia mencetak 75 gol dan 126 assist untuk City saat ini dan tidak gelandang yang mencetak lebih banyak gol untuk Guardiola.

Gelandang tengah: Ilkay Gundogan

Selama berada di Bayern Munchen, Guardiola melihat Gundogan memiliki perpaduan energi dan kualitas teknis yang sempurna untuk idenya tentang sepak bola. Jadi dia mengontraknya dari Borussia Dortmund saat ditunjuk jadi pelatih Man City pada 2016.

 

5 dari 5 halaman

Depan

Penyerang kanan: Lionel Messi

Riyad Mahrez memang lebih banyak bermain bagi Guardiola untuk posisi ini. Akan tetapi, Guardiola sudah merasa kagum dengan Messi yang telah mencetak 211 gol dan 94 assist dalam 219 penampilan ketika berada di bawah asuhannya.

Striker: Gabriel Jesus

Dari Zlatan Ibrahimovic hingga Robert Lewandowski dan Erling Haaland, Guardiola justru memiliki sejarah yang lucu dengan Gabriel Jesus. Meski bukan pemain yang paling produktif di skuad ini, Jesus mencetak 95 gol dan 46 assist dalam 236 penampilan di City di bawah Guardiola.

Penyerang kiri: Raheem Sterling

Setelah De Bruyne, Sterling adalah pemain kedua yang paling banyak bermain untuk Pep Guardiola. Sterling juga mencetak 120 gol dan 85 assist dalam 292 penampilan di bawah Guardiola.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer