Sukses


Inilah Penyebab Lionel Messi Layak Menangi Ballon d'Or 2023 atas Erling Haaland dan Kylian Mbappe

Bola.com, Jakarta - Perubahan aturan baru pada proses pemungutan suara Ballon d'Or memberi Lionel Messi keunggulan dibandingkan Erling Haaland.

Lionel Messi meraih mahkota Ballon d'Or kedelapan. Hal itu sekaligus memecahkan rekor pada malam penganugerahan Ballon d'Or 2023, yang berlangsung di Paris, Prancis, Senin (30/10/2023) malam waktu setempat.

Setelah memenangkan Piala Dunia bersama Argentina tahun lalu, pemain berusia 36 tahun ini telah lama menjadi favorit untuk penghargaan tahun ini.

Benar saja, Lionel Messi didaulat sebagai peraih Ballon d'Or 2023, mengalahkan kandidat lainnya seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Secara Statistik, Haaland dan Mbappe Unggul atas Messi

Keluarnya Lionel Messi dari PSG dan awal yang luar biasa di klub MLS Inter Miami tidak mengurangi ekspektasi tersebut, meskipun Erling Haaland memecahkan rekor gol musiman Liga Inggris dan memenangkan Liga Champions bersama Manchester City.

Padahal beberapa pihak percaya bahwa kepindahan Messi ke Inter Miami pada bulan Juli, ditambah dengan kurangnya kesempatan bermain di liga top Eropa sejak Mei, akan membuat dia absen dalam perebutan Ballon d'Or, meskipun ia tampil heroik di Piala Dunia.

Haaland mencetak 52 gol di semua kompetisi musim lalu, meskipun beberapa di antaranya terjadi sebelum dimulainya periode penjurian, dan memenangkan tiga trofi bersama tim asuhan Pep Guardiola.

Kylian Mbappe dari PSG tidak jauh di belakangnya dengan 41 gol, dan ia juga mencetak hat-trick untuk Prancis di final Piala Dunia 2022. Musim ini, Haaland mencetak 13 gol, sementara Mbappe 12 gol.

 

3 dari 3 halaman

Lantas, Kok Bisa Messi yang Juara?

Namun, perubahan peraturan baru pada Ballon d'Or, khususnya berkaitan dengan proses penjurian, membuat Messi memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan penghargaan berdasarkan prestasinya selama setahun terakhir.

"Penampilan individu dan karakter kandidat yang tegas dan mengesankan lebih diutamakan daripada aspek kolektif dan trofi yang dimenangkan, serta kelas pemain dan rasa fair play," bunyi klaim Marca.

Oleh karena itu, trofi Liga Champions, Piala FA, dan Liga Inggris yang dimiliki Haaland, serta kualitas Man City, dianggap tidak cukup baginya untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Sementara itu, peran individu Messi yang menonjol dalam memenangkan Piala Dunia 2022, di mana ia memenangkan Bola Emas turnamen tersebut.

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer