Sukses


Peta Sebaran Pemain Naturalisasi pada Musim 2021, Persib Tidak Lagi yang Terbanyak

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung tercatat memiliki empat pemain naturalisasi di dalam skuatnya pada musim 2020. Namun, kepindahan dua pemain di antaranya membuat mereka bukan lagi yang paling banyak menggunakan jasa pemain naturalisasi untuk musim 2021.

Sebenarnya, perpindahan pemain masih mungkin terjadi hingga Liga 1 2021 bergulir pada pertengahan tahun nanti. Namun, sejumlah pemain tentu sudah mengikat kontrak terlebih dulu saat ini agar bisa mendapatkan momen bisa tampil di Piala Menpora 2021.

Sebagai contoh, Persib Bandung sudah melakukan perombakan tim. Beberapa pemain menjadi korban regenerasi klub, beberapa lainnya memilih mundur.

Alhasil, Persib juga menjadi tim yang kini tengah mengincar sejumlah pemain baru untuk tampil pada musim 2021, baik di Piala Menpora yang menjadi turnamen pramusim, maupun di Liga 1 nantinya.

Persib menjadi klub yang memiliki jumlah pemain naturalisasi paling banyak pada musim 2020. Saat itu, Maung Bandung memiliki empat pemain, yaitu Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, Fabiano Beltrame, dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Namun, kini Persib Bandung hanya menyisakan dua pemain naturalisasi saja untuk musim kompetisi 2020, yaitu Victor Igbonefo dan Esteban Vizcarra. Dua pemain lainnya, yaitu Kim dan Fabiano, sudah bergabung bersama PSS Sleman.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

5 Klub Punya 2 Pemain Naturalisasi

Seperti halnya musim 2020 kecuali Persib Bandung, setiap klub yang menggunakan jasa pemain naturalisasi untuk musim kompetisi 2021 tetap hanya memiliki dua pemain paling banyak. Beberapa yang lain hanya memiliki satu pemain naturalisasi.

Selain Victor Igbonefo dan Esteban Vizcarra yang masih tetap bersama Persib, dan Fabiano Beltrame dan Kim Jeffrey Kurniawan yang meninggalkan Maung Bandung dan memperkuat PSS Sleman, ada tiga klub lain yang juga memiliki dua pemain naturalisasi.

Bali United masih punya Ilija Spasojevic dan Stefano Lilipaly, meski dalam beberapa hari terakhir nama terakhir sempat diisukan bakal hengkang lantaran tidak ada dalam skuat Serdadu Tridatu kala beruji coba dengan Timnas Indonesia, Minggu (7/3/2021).

Stefano Cugurra, pelatih Bali United, memastikan pemain kelahiran Belanda itu masih bernegosiasi dengan manajemen klub untuk kontrak pada musim 2021.

"Manajemen Bali United masih bernegosiasi dengan Stefano Lilipaly. Kami masih menunggu dia untuk kembali bergabung," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra, setelah pertandingan antara Timnas Indonesia dan Bali United di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Selain itu, Persija Jakarta juga masih mempertahankan dua pemain naturalisasi mereka, yaitu Marc Klok dan Otavio Dutra. Kedua pemain tersebut bahkan sudah berlatih bersama rekan-rekan setimnya beberapa hari terakhir.

Satu klub lain yang memiliki dua pemain naturalisasi adalah Borneo FC. Diego Michiels masih tetap menjadi bagian dari tim berjulukan Pesut Etam itu karena memiliki kontrak hingga Juni 2023. Sementara itu, Guy Junior baru saja memperpanjang kontraknya selama satu tahun ke depan pada 25 Februari lalu.

3 dari 4 halaman

3 Klub Punya 1 Pemain Naturalisasi

Selain itu, sejauh ini ada tiga pemain naturalisasi lain yang juga sudah memastikan klub yang akan dibelanya pada musim ini, yaitu Beto Goncalves, Osas Saha, dan Raphael Maitimo.

Beto Goncalves telah menandatangani kontrak baru bersama Madura United setelah sempat dipinjamkan ke Sriwijaya FC pada musim 2020 lalu ketika kompetisi berhenti. Menariknya, Beto belum sempat bermain bersama Sriwijaya FC dan kini sudah kembali memperkuat Laskar Sape Kerap.

Sementara Osas Saha yang terkenal senang berpindah-pindah klub, juga sudah dipastikan bakal membela Bhayangkara Solo FC pada musim 2021. Setelah musim lalu hanya tiga kali bermain bersama PSM Makassar sebelum kompetisi dihentikan, Osas memilih untuk bergabung bersama The Guardians yang musim ini bermarkas di Solo.

Kemudian Raphael Maitimo baru saja dipastikan tetap berseragam Persita Tangerang. Melalui akun Instagram resmi klub, Selasa (9/3/2021), Persita memastikan lima pemain baru dinyatakan bertahan, termasuk Raphael Maitimo.

4 dari 4 halaman

Sebaran Pemain Naturalisasi untuk Musim 2021

Bali United

Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic

Persib Bandung

Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra

Persija Jakarta

Otavio Dutra, Marc Klok

Borneo FC

Guy Junior, Diego Michiels

PSS Sleman

Kim Kurniawan, Fabiano Beltrame

Persita Tangerang

Raphael Maitimo

Bhayangkara Solo FC

Osas Saha

Madura United

Beto Goncalves

Video Populer

Foto Populer