Sukses


Malaysia Galau karena Terancam Tak Bisa Diperkuat Pemain Klub Amerika di Piala AFF U-23 2022

Bola.com, Petaling Jaya - Kabar buruk datang untuk Timnas Malaysia jelang Piala AFF U-23 2022. Skuad asuhan Brad Maloney itu terancam tak bisa diperkuat oleh pemain klub Amerika Serikat, Wan Ahmad Kuzri Wan Ahmad Kamal.

Penyebabnya adalah Wan Ahmad Kuzri Wan Ahmad Kamal disebut memiliki beberapa masalah di Amerika Serikat. Situasi itu tentu saja merugikan buat Timnas Malaysia U-23 yang menjadikan Wan Kuzri sebagai andalan di Piala AFF U-23 2022.

Dengan Piala AFF U-23 2022 yang bakal digelar pada 14 Februari 2022, Malaysia U-23 kini berburu dengan waktu. Pelatih Brad Maloney berharap masalah Wan Kuzri di Amerika Serikat bisa segera selesai sehingga bisa bergabung dengan timnya dalam waktu dekat.

"Saya mengobrol dengannya kemarin dan dia sangat ingin bergabung. Akan tetapi, waktunya sangat singkat sekarang, semoga dia bisa bergabung dengan tim sesegera mungkin," kata Brad Maloney seperti dikutip Berita Harian.

"Jika dia kembali ke Kuala Lumpur, maka harus dikarantina untuk jangka waktu tertentu. Begitu dia menyelesaikan masalahnya di Amerika, maka kami akan membuat keputusan akhir untuknya," tegas pelatih asal Australia itu.

Wan Ahmad Kuzri Wan Ahmad Kamal saat ini berkarier di klub Amerika Serikat, Akron Zips. Pemanggilan ke Timnas Malaysia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022 menjadi yang pertama bagi Wan Kuzri sejak Agustus 2020.

2 dari 3 halaman

Jadikan Ajang Seleksi Pemain

Timnas Malaysia U-23 diketahui punya misi lain di Piala AFF U-23 2022. Pelatih Brad Maloney ingin menjadikan ajang ini sebagai seleksi pemain untuk Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Brad Maloney memang membuat kejutan dengan memanggil banyak wajah baru untuk pemusatan latihan Timnas Malaysia U-23 jelang Piala AFF U-23 2022. Dari 30 pemain yang dipanggil hanya sembilan nama yang merupakan wajah lama.

Malaysia U-23 ternyata lebih fokus ke Piala AFC U-23 2022 yang akan digelar di Uzbekistan pada pertengahan tahun ini. Itulah yang membuat Brad Maloney ingin menjadikan Piala AFF U-23 2022 sebagai ajang untuk melihat kekuatan dari pemain wajah baru.

"Saya sudah berbicara dengan federasi, termasuk Direktur Teknik dan Staf Pelatih. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk wajah-wajah baru dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menguji kemampuan sendiri," ucap Brad Maloney.

Malaysia tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022 bersama Myanmar, Laos dan Timnas Indonesia. Tim berjulukan Harimau Muda itu dijadwalkan bertolak ke Kanboja pada 12 Februari mendatang.

3 dari 3 halaman

Bidik Gelar

Berbeda dengan Malaysia, Timnas Indonesia diprediksi bakal mengandalkan skuad yang mirip pada Piala AFF U-23 2022. Seperti diketahui, pemain yang digunakan merupakan skuad turunan dari Piala AFF senior karena masih memungkinkan dari segi usia.

Pelatih Shin Tae-yong percaya diri Timnas Indonesia bisa mempertahankan gelar di Piala AFF U-23. Meskipun pemain yang bakal dipanggil mayoritas bermain di klub lokal.

"Saya menargetkan juara. Meskipun pemain-pemain aboard seperti Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam tidak bisa dipanggil," kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Video Populer

Foto Populer