Sukses


Catatan Aji Santoso di Balik Kemenangan Perdana Persebaya di BRI Liga 1

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berhasil memetik kemenangan perdana di BRI Liga 1 2022/2023. Bajul Ijo unggul 2-0 saat menjamu Persita Tangerang dalam pekan kedua di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022) malam.

Dua gol Persebaya dicetak oleh Sho Yamamoto (23’) dan Rizky Ridho (57’). Permainan agresif mereka memang kentara sedangkan Persita Tangerang gagal mencetak gol balasan karena kalah jumlah pemain.

Pertandingan ini menjadi momen kebangkitan Persebaya. Sebelumnya, mereka dipaksa takluk 0-1 di kandang Persikabo 1973 pada pekan pertama lalu (25/7/2022). Mental Bajul Ijo mampu bangkit untuk menang.

Ditambah, para pemain Persebaya Surabaya sebenarnya mendapat tekanan besar karena harus menang lawan Persita.

2 dari 6 halaman

Komentar Aji Santoso

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengungkapkan bahwa mental bertanding itu yang membuat timnya berhasil meraih tiga angka.

“Yang jelas kekuatan mental pemain. Kami tahu di pertandingan pertama kami kalah, terus ada beberapa tekanan. Menurut saya itu wajar. Suporter juga menyayangi tim ini, tentunya ingin berprestasi,” ungkapnya setelah laga.

“Berikutnya saya sampaikan kepada pemain, jadikanlah tekankan itu menjadi motivasi. Alhamdulillah terbukti, anak-anak bermain kompak, fighting spirit luar biasa, hasilnya luar biasa,” imbuh pelatih asli Malang itu.   

3 dari 6 halaman

Kerja Sama Apik

Di sisi lain, kemenangan ini juga dipengaruhi oleh nasib sial Persita yang harus bermain dengan 10 personel sejak menit ke-33. Agustin Cattaneo lantas menjatuhkan Arief Catur Pamungkas dan wasit langsung menghadiahi kartu merah.

“Saya tidak ingin di dalam pertandingan kalah, saya ingin menang. Dalam sepak bola semua terjadi, ada tim besar yang kalah di kandang. Ini wajar, yang terpenting, bagaimana setiap main di kandang maupun di luar kandang, pemain-pemain saya bermain dengan hati,” ucap Aji Santoso.

Proses gol pertama Bajul Ijo lahir lewat kerja sama apik. Itu bermula dari umpan lambung Brylian Aldama yang diterima Silvio Junior di kotak penalti. Bola diteruskan kepada Sho Yamamoto, dan sepakan pelannya membuat bola mulus masuk gawang Persita pada menit ke-23.

4 dari 6 halaman

Gol Kedua

Persebaya kemudian berhasil mencetak gol kedua di menit ke-57. Itu bermula dari sepak pojok Higor Vidal yang sangat terarah ke kotak penalti lawan. Dari jarak cukup jauh, kapten Rizky Ridho menanduk bola dan gagal dibendung kiper Dhika Bayangkara.

“Alhamdulillah ini tadi kami menang 2-0 dan anak-anak main, menurut saya, cukup bagus. Mudah-mudahan ini bisa menjadikan modal untuk pertandingan ke depan, karena kami masih banyak pertandingan,” tutur Aji Santoso.

5 dari 6 halaman

Kemenangan Perdana

Kemenangan ini membuat Persebaya telah mengoleksi tiga poin dari dua laga. Sedangkan Persita gagal meneruskan tren kemenangan setelah pekan lalu meraih tiga poin.

Berikutnya, Persebaya akan melakoni partai tandang dalam pekan ketiga. Mereka dijadwalkan melawat ke markas Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (7/8/2022).

 

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer