Sukses


4 Kekuatan yang Membuat Madura United Meledak di Awal BRI Liga 1 2022 / 2023: Ada Brasil Connection!

Bola.com, Pamekasan - Madura United mampu tampil mengejutkan di tiga pekan awal BRI Liga 1 2022/2023. Bersama Persikabo 1973, mereka berhasil merebut sembilan poin yang tersedia.

Tentu pencapaian besar ini terhitung luar biasa bagi klub berjuluk Laskar Sape Kerrap. Mereka sama sekali tak difavoritkan untuk setidaknya bisa berada di papan atas musim ini.

Kepergian sejumlah pemain pilar seperti Greg Nwokolo, Asep Berlian hingga M. Ridho di awal musim, membuat suporter khawatir. Para loyalis takut bila suksesor tersebut tak bisa langsung nyetel dengan pemain lawas ataupun taktik sang pelatih.

Keraguan tersebut semakin besar saat Madura United tak mampu menembus fase gugur Piala Presiden 2022. Berada di Grup B, mereka hanya duduk di peringkat empat di bawah Borneo FC Samarinda, Barito Putera dan RANS Nusantara FC.

Lantas, apa yang membuat penampilan Madura United berbalik 180 derajat dibandingkan penampilan mereka di turnamen pramusim tersebut? Bola.com melihat ada empat faktor yang berpengaruh besar dalam kesuksesan mereka sejauh ini.

2 dari 6 halaman

Gugur di Piala Presiden 2022

Harus diakui, tersingkir lebih awal dari ajang pemanasan ini membuat Madura United memiliki banyak waktu 'luang'.

Mereka jadi punya kesempatan melakukan pembenahan dari kekurangan di turnamen tersebut.

Pada kesempatan itu juga, pelatih Fabio Lefundes bisa menanamkan lebih dalam konsep bermain yang dia inginkan. Hal inilah yang membuat Madura United memiliki rencana dan konsep yang jelas dalam tiga laga awal.

3 dari 6 halaman

Pembelian Cerdas

Tak ada lagi perekrutan jor-joran yang dilakukan Madura United seperti musim 2019. Mereka mendatangkan pemain dengan cermat dan teliti sesuai kebutuhan taktik yang hendak diusung pelatih asal Brasil itu.

Manajemen Madura United memang memberikan kebebasan bagi sang juru racik. Walaupun bukan pemain beken dan punya nama, penggawa anyar ini terbukti cocok dengan apa yang dibutuhkan Lefundes.

4 dari 6 halaman

Kekuatan Merata

Kekuatan Madura United pun juga tak tergantung dari satu dua pemain saja. Rotasi pemain yang diterapkan sang pelatih dalam tiga awal BRI Liga 1 2022/23 menunjukkan hal tersebut.

Hal ini bisa dilakukan lantaran Madura United memiliki kedalaman skuad yang bagus. Di setiap posisi, mereka memiliki dua pemain yang berkekuatan setara sehingga sama sekali tak mengurangi kekuatan mereka.

5 dari 6 halaman

Brasil Connection

Selain mendapat kesempatan memiliih pemain sendiri, Lefundes memang dibebaskan menentukan sendiri staf kepelatihannya. Untuk itu, ia mendatangkan sejumlah kompatriotnya asal Brasil untuk membantunya di Madura United.

Mulai dari fisioterapis, pelatih kiper bahkan analis pertandingan, langsung didatangkan dari Negeri Samba. Walaupun sempat dikhawatirkan mengganggu keseimbangan tim, keberadaan mereka justru memberikan ciri khas dalam permainan Madura United.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer