Sukses


4 Eks Langganan Timnas Indonesia yang Belum Bersinar di BRI Liga 1: Cedera dan Faktor Usia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba pada jeda internasional kali ini. Lawan yang akan dihadapi adalah Curacao. Garuda akan melawan negara Amerika Utara itu pada 24 dan 27 September 2022.

Menghadapi laga itu, Shin Tae-yong sudah memanggil 23 pemain. Mereka diharapkan bisa diandalkan untuk membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan di dua laga itu.

Sekilas tidak ada yang mengejutkan dari daftar 23 nama yang dipanggil Shin Tae-yong. Sebagian besar nama pemain yang dipanggil ke skuad Timnas Indonesia terbaru adalah mereka yang selama ini menjadi andalan.

Namun, ada beberapa pemain langganan Timnas Indonesia yang kini tak mendapatkan tempat di skuad Garuda. Sebut saja misalnya Evan Dimas Darmono.

Bola.com menyajikan ulasan mengapa Evan tak lagi mendapatkan tempat di Timnas Indonesia. Juga para pemain eks Timnas Indonesia lain yang tampil jeblok di BRI Liga 1 2022/2023.

2 dari 5 halaman

Evan Dimas

Evan pindah ke Arema FC di BRI Liga 1 2022/2023. Sempat ada keyakinan bahwa pemain kelahiran Surabaya ini bisa membawa kejayaan bagi Singo Edan.

Namun, harapan itu sampai sekarang masih jauh dari kenyataan. Evan sejauh ini sudah tampil tujuh kali bersama Singo Edan di BRI Liga 1 2022/2023. Namun, ia belum mencetak satu gol pun atau menyumbangkan satu assist.

Evan beberapa kali terlihat kurang cocok dengan sistem Arema FC. Di Timnas Indonesia, belakangan Evan juga kerap menjadi pemain cadangan.

Selain itu, eks pemain Bhayangkara FC ini sempat beberapa kali diganggu cedera. Dalam laga terakhir melawan Persik Kediri, ia harus absen lantaran masalah kebugaran.

3 dari 5 halaman

Ferdinan Sinaga

Ferdinan Sinaga pernah menjadi penyerang menakutkan di Tanah Air. Ia adalah pilar Persib Bandung dalam meraih gelar juara Liga Super Indonesia 2014. Saat itu Ferdinan bahkan menyabet gelar pemain terbaik.

Kini, usia Ferdinan Sinaga sudah menginjak angka 34 tahun. Ia pun mulai jarang mendapatkan menit bermain di klubnya, Persis Solo.

Ferdinan tercatat memang sudah sembilan kali merumput di BRI Liga 1 musim ini untuk Persis. Namun, menit bermainnya terbatas di angka 113 menit. Artinya ia kerap kali bermain sebagai pemain pengganti di akhir babak kedua.

Penampilan terakhir Ferdinan Sinaga bersama Timnas Indonesia di turnamen resmi juga sudah cukup lama, yakni di Piala AFF 2016 di mana Garuda menjadi runner-up.

4 dari 5 halaman

Boaz Solossa

Boaz tak diragukan lagi menjadi salah satu pemain terbaik yang dilahirkan sepak bola Indonesia dalam 20 tahun terakhir. Boaz memiliki 48 caps dan 14 gol serta membawa Timnas Indonesia dua kali menjadi runner-up Piala AFF.

Kini, Boaz sudah memasuki akhir kariernya di sepak bola. Usianya sudah 36 tahun, ia sedang menjalani peran yang menarik di PSS Sleman.

Di BRI Liga 1 2022/2023, Boaz selalu diturunkan di oleh Seto Nurdiyantoro. Namun, kebanyakan Boaz turun di babak kedua.

Meski demikian, Boaz tetap berusaha keras untuk bisa berperan banyak di tubuh tim PSS. Kecepatannya memang sudah menurun, tapi insting dan kepintaran membaca permainan yang dimiliki Boaz masih tersisa cukup banyak.

5 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

Victor bisa dikatakan sebagai satu dari beberapa pemain naturalisasi yang cukup sukses. Ia mampu memberi kekuatan lain di lini belakang Timnas Indonesia ketika bermain.

Namun, di BRI Liga 1 2022/2023, aksi Igbonefo masih belum terlihat. Pemilik 14 caps di Timnas Indonesia itu mengalami cedera tulang pipi yang cukup parah pada turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Sampai saat ini, eks pemain PTT Rayong itu masih belum tampil untuk Persib Bandung di BRI Liga 1 2022/2023.

Video Populer

Foto Populer