Sukses


Kiat Madura United Jaga Puncak Klasemen BRI Liga 1 usai Jeda Internasional

Bola.com, Jakarta - Kompetisi BRI Liga 1 2022/23 memang tengah libur untuk sementara waktu. Tetapi seluruh klub sudah sibuk memanasi mesin tempur mereka dengan memulai latihan lebih cepat.

Madura United yang sementara berada di puncak klasemen dengan raihan 23 poin, tentu tak boleh lengah. Jarak poin yang masih rapat membuat klub-klub lain macam PSM Makassar dan Bali United bisa sewaktu-waktu merebut posisi mereka.

Sebelum jeda internasional, Madura United berhasil mengamankan satu poin dari markas Persija Jakarta. Bahkan sebenarnya mereka sanggup mencuri gol andai sepakan Lulinha tidak dianulir wasit jelang laga berakhir.

Kini tugas berat menanti Madura United mengawal konsistensi usai jeda internasional. PSM, Bali, bahkan Persija bselalu siap menjegalnya.

 

2 dari 5 halaman

Berikan Libur yang Cukup

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes sadar besarnya tekanan yang dialami anak asuhnya dalam 10 laga perdana musim ini. Untuk menjaga kewarasan anak asuhnya, ia pun memberikan libur yang cukup panjang.

"Saya kasih libur lebih untuk rileks mental dan fisik pemain. Kami ada banyak pertandingan dan latihan, tenaga (banyak) keluar, tetapi kami punya respons bagus. Jadi bagus bisa kasih libur (lebih banyak)," jelasnya.

"Banyak harapan dari penonton dan saya, agar mereka bisa lebih baik lagi. Jadi saya kasih libur karena mereka pantas mendapatkannya. Kami punya persiapan panjang untuk melawan Borneo FC Samarinda (1/10/2022)," imbuh pria asal Brasil tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Tolak Uji Coba, Madura United Ogah Ambil Resiko

Madura United yang telah memulai latihan beberapa hari yang lalu, langsung mendapatkan latihan dengan intensitas dari sang pelatih. Mereka mendapatkan waktu latihan dua kali dalam sehari agar performa pemain tak kendor.

Tetapi di jeda waktu ini, ia enggan mengambil resiko untuk pemainnya. Beberapa tim Liga 3 memang telah menghubungi untuk menawarkan pertandingan uji coba.

"Kami tidak perlu lakukan uji coba dalam periode ini karena kami punya banyak pertandingan nanti. Saat Liga 2 sedang berjalan, mungkin kami bisa bermain lawan Liga 3. Tetapi saya pikir lebih baik bikin latihan internal sama pemain kami sendiri," tegasnya.

"Kami sebaiknya main gim internal karena pemain akan respek dengan sesama agar tidak ada yang cedera. Daripada bermain lawan tim Liga 3 dan ada pemain yang berpotensi cedera," jelas pelatih berusia 51 tahun tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Mengerikan Oktober

Madura United akan memasuki jadwal mengerikan pada Oktober nanti. Mereka akan menghadapi lawan-lawan yang saat ini berada di posisi lima besar klasemen sementara.

Borneo FC Samarinda (1/10/2022), Bali United (22/10/2022) dan PSM Makassar (28/10/2022) siap menghambat laju mereka. Selain ketiganya, ada dua klub Jawa Tengah, PSIS Semarang (8/10/2022) dan PSS Sleman (16/10/2022) yang tengah mencari konsistensi.

Madura United mungkin bisa santai sejenak dalam dua minggu ke depan lantaran jeda internasional. Tetapi mereka harus bersiap dengan segala kemungkinan termasuk turun takhta dari puncak klasemen.

5 dari 5 halaman

Posisi Madura United Saat Ini

Video Populer

Foto Populer