Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Tangan Kanan Shin Tae-yong Saat Melibas Curacao

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sukses dua kali mengalahkan Curacao dalam FIFA Matchday. Pada dua pertandingan itu, pelatih Shin Tae-yong memiliki tiga pemain yang selalu dipasang selama 90 menit.

Pada laga pertama melawan Curacao, Timnas Indonesia menang dengan skor 3-2. Gol-gol Skuad Garuda dicetak oleh Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad. Kemenangan ini berlanjut pada pertemuan kedua.

Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1 pada laga di Stadion Pakansari. Dimas Drajad kembali mencetak gol untuk skuad Garuda. Sementara, satu gol lainnya lahir dari aksi Dendy Sulistiawan.

Shin Tae-yong menurunkan komposisi dan formasi yang berbeda pada dua laga uji coba tersebut. Namun, ada tiga pemain spesial di Timnas Indonesia yang punya status 'untouchable' pada dua laga itu. Mereka selalu bermain penuh ketika pemain lain dirotasi.

2 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Baggott menunjukkan performa yang sangat konsisten ketika Timnas Indonesia berjumpa Curacao, baik pada laga pertama maupun kedua. Bek tengah berusia 20 tahun itu selalu bermain penuh.

Baggott adalah pemain yang fleksibel. Dia bisa bermain pada formasi tiga maupun empat bek. Baggott sangat kuat dalam duel udara. Selain itu, Baggott juga punya umpan jauh yang bagus.

Satu lagi kelebihan Baggott adalah berani membawa bola. Baggott punya andil besar atas terciptanya gol Dendy Sulistiawan pada laga kedua antara Indonesia lawan Curacao. Baggott memulai serangan lewat aksi dribel yang dilakukan.

3 dari 5 halaman

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto selalu bermain penuh pada dua laga Timnas Indonesia melawan Curacao. Pada laga pertama, Rian dipercaya bermain sebagai bek tengah pada skema tiga bek sejajar. Pada laga kedua, Rian bermain sebagai gelandang dalam formasi 4-2-3-1.

Rian memang memang yang bisa memainkan banyak peran. Bahkan, dalam situasi tertentu, pemain Persib Bandung itu bisa bermain untuk peran bek kanan atau wingback.

Rian tampil sangat bagus pada dua laga melawan Curacao. Pada laga kedua, pemain 23 tahun bahkan dipercaya sebagai kapten. Rian benar-benar menjadi pemain yang sangat penting bagi Timnas Indonesia.

4 dari 5 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri selalu bermain penuh pada dua laga melawan Curacao. Pada laga pertama, pemain 25 tahun memainkan peran sebagai wingback kanan. Pada laga kedua, Yakob bermain untuk peran bek kanan.

Ini bukan posisi natural Yakob. Sebab, ketika membela klub, Yakob lebih sering bermain sebagai winger.

Yakob menggantikan peran Asnawi Mangkualam yang tidak bisa bermain karena cedera. Sebenarnya, Shin Tae-yong masih punya bek kanan murni pada diri Koko Ari. Namun, Shin Tae-yong terus memainkan Yakob untuk satu pos di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Naik Peringkat

Berkat dua kemenangan yang didapat, Timnas Indonesia naik ke posisi 152 ranking FIFA.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Irianto, menyebut tengah berencana untuk mencarikan lawan dari peringkat 50 besar.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 28/9/2022)

Video Populer

Foto Populer