Sukses


Mimpi Besar Marc Klok: Bisa Bermain di Jepang atau Thailand

Bola.com, Jakarta - Marc Klok sudah berkarier di Liga 1 sejak 2017. PSM Makassar menjadi klub pertamanya di Indonesia. Saat itu ia pindah dari Dunde FC menuju ibu kota Sulawesi Selatan. 

Ia kemudian pindah ke Persija Jakarta pada awal 2020. Belakangan, Marc Klok bermain untuk rival Macan Kemayoran, Persib Bandung.

Pemain yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) itu masih punya mimpi untuk bermain di luar negeri. Jepang atau Thailand bisa menjadi tujuan selanjutnya bagi Klok.

"Saya saat ini bermain di Persib, salah satu klub terbesar di Indonesia. Saya masih punya mimpi bermain di luar Indonesia. Terutama sekarang ketika saya bermain baik untuk Timnas," ujar Marc Klok kepada Podcast 433: The Home of Football.

"Saya punya rekor dan statistik bagus. Saya berpikir untuk pindah ke Jepang atau Thailand," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Memberikan Tantangan

Marc Klok merasa perlu untuk melakukan itu. Ia ingin ada tantangan yang baru di dalam kariernya. Ia juga ingin mempelajari cara hidup di negara Asia yang lain.

"Untuk menantang diri saya diri dan untuk bermain di level yang lebih baik. Juga mengekslpolarasi cara hidup yang baru di Asia," jelasnya.

Jepang dan Thailand memang kerap menjadi tujuan pemain Indonesia yang pernah berkarier di luar negeri. Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly pernah bermain di Negeri Sakura.

Saat ini bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan juga masih berlaga di Jepang. Sementara pemain Indonesia yang pernah bermain di Thailand jumlahnya lebih banyak lagi.

Irfan Bachdim, Yanto Basna, Todd Rivaldo Ferre, Terens Puhiri, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, dan Sergio Van Dijk pernah merasakan kompetisi negeri Gajah.

3 dari 3 halaman

Incar Sisi Marketing

Selain rencana di dalam lapangan, Marc Klok juga memiliki rencana lain di luar sepak bola. Rencana tersebut berkaitan dengan sisi marketing atau pasar.

Marc Klok ingin menjadi pemain terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya pada sisi talenta, tetapi dalam sisi marketing juga.

Klok memang belum ada di level tersebut. Namun, ia merasa sudah berada di trek yang benar.

"Di luar sepak bola, sebagai pengusaha saya ingin menjadi pemain sepak bola terbesar di Asia Tenggara secara marketing. Saya belum ada di level itu, tetapi saya ada di jalan yang benar untuk terus diingat tidak ada pemain seperti Marc Klok tidak hanya dalam bermain sepak bola tetapi juga sebagai marketing," tandas Klok.

Sumber: 433: The Home of Football

Video Populer

Foto Populer