Sukses


Prediksi Juara BRI Liga 1 2022 / 2023: Persib Jadi Calon Terkuat, PSM dan Persija Pesaing Terberat

Bola.com, Jakarta - Persaingan menuju tangga juara kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 sejauh ini memang hanya melibatkan PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Persib Bandung sebagai tiga kandidat terkuat.

Sebab, hanya tiga kontestan ini yang performanya paling stabil dan konsisten, terutama pada putaran kedua BRI Liga 1. Selain PSM, Persija, dan Persib, tim-tim lainnya masih sering tersandung.

Bukan tidak mungkin, ketiga tim ini bakal meramaikan jalur perebutan gelar juara hingga akhir musim nanti. Apalagi, kompetisi sudah memasuki pekan ke-25 dan menyisakan sembilan pekan terakhir.

Berikut ini Bola.com memprediksi tim mana yang bakal juara BRI Liga 1 2022/2023. Bagaimana kans Persija Jakarta, Persib Bandung, dan PSM Makassar dalam pertarungan ini?

 

2 dari 5 halaman

Persija Jakarta

Di bawah asuhan Thomas Doll musim ini, Persija Jakarta juga muncul sebagai tim paling difavoritkan untuk meraih gelar juara BRI Liga 1 2022/2023.

Apalagi, mereka memiliki pemain-pemain asing berkualitas seperti Ondrej Kudela, Abdulla Yusuf Helal, Michael Krmencik, hingga Hanno Behrens.

Untuk sementara ini, skuad Macan Kemayoran masih berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan mengumpulkan 47 poin dari 24 pertandingan.

Namun, jika dibandingkan tiga kontestan teratas, Persija memang menjadi tim paling sedikit mencetak gol. Sebab, sejauh ini mereka hanya bisa memproduksi 34 gol dari 24 laga.

Persija tentu wajib menjaga konsistensinya pada putaran kedua ini. Sebab, dengan dua hasil minor, mereka jadi pesaing gelar juara yang paling banyak meraih kekalahan.

Tim asal Ibu Kota masih menyisakan sejumlah lawan sulit pada 10 laga terakhirnya, yakni saat berjumpa Madura United (pekan ke-27), Persib Bandung (pekan ke-28), Borneo FC (pekan ke-29), dan Persebaya Surabaya (pekan ke-32).

Meskipun demikian, Persija menghadapi masalah besar menuju momen-momen yang paling menentukan dalam perebutan gelar juara. Sebab, ada banyak pemainnya yang harus absen karena dipanggil Timnas Indonesia U-20.

Jika melihat potensi kesulitan dan tantangan yang dihadapi Macan Kemayoran, bukan tidak mungkin tim asal Ibu Kota ini hanya mengakhiri persaingan di peringkat ketiga klasemen akhir.

 

3 dari 5 halaman

PSM Makassar

PSM Makassar menjadi kontestan yang punya catatan yang paling mentereng di musim ini. Sebab, dari 25 pertandingan, mereka hanya dua kali menelan kekalahan.

Bahkan, skuad Juku Eja sempat melewati 14 pertandingan tanpa kekalahan pada putaran pertama. Rekor itu baru terhenti pada pekan ke-15 saat mereka ditekuk Madura United dengan skor 0-1.

Jika melihat kontestasi di papan atas, anak asuh Bernardo Tavares memang patut diperhitungkan. Apalagi, mereka berstatus sebagai kontestan paling produktif dengan catatan 47 gol.

Dari sisi pertahanan, Juku Eja juga luar biasa. Sejauh ini baru kebobolan 20 gol, sehingga menjadi tim dengan tingkat kemasukan paling minim di BRI Liga 1 bersama Persija Jakarta.

Jika melihat 10 pertandingan tersisa, beberapa lawan tersulit yang bisa mengadang laju PSM Makassar ialah Persebaya (pekan ke-16), Madura United (pekan ke-32), PSIS (pekan ke-33), dan Madura United (pekan ke-34).

Bukan tidak mungkin, tiga laga terakhir yang dihadapi Wiljan Pluim dan kawan-kawan pada akhir musim ini bakal menentukan posisi terakhirnya di tangga klasemen BRI Liga 1.

PSM Makassar punya potensi besar untuk meraih gelar juara pertamanya di era BRI Liga 1. Namun, Juku Eja diprediksi hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat kedua.

 

4 dari 5 halaman

Persib Bandung

Kans Persib Bandung untuk meraih gelar juara di BRI Liga 1 musim ini masih tetap terjaga setelah mereka mampu mengakhiri tren tanpa kemenangannya pada pekan ke-25.

Sebab, kemenangan 3-1 atas RANS Nusantara FC itu mengantarkan tim Pangeran Biru merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara BRI Liga 1.

Persib masih berjarak empat poin dari PSM di puncak. Namun, anak asuh Luis Milla masih menyisakan satu pertandingan tunda dan berpotensi memangkas jaraknya jika mampu meraih kemenangan.

Kekuatan Persib memang mulai diperhitungkan sejak mereka diasuh oleh Luis Milla. Apalagi, mereka mampu melewati sebelas laga tanpa terkalahkan musim ini.

Ketajaman David da Silva tampaknya masih akan menjadi andalan Persib. Sebab, bomber asal Brasil itu sejauh ini menjadi pemain paling produktif di BRI Liga 1 dengan koleksi 18 gol.

Jika melihat seluruh pertandingannya yang tersisa, tim Pangeran Biru masih harus melewati sejumlah laga yang cukup sulit hingga akhir musim ini.

Sebab, mereka masih harus bertandang ke markas Persija Jakarta (pekan ke-28), dan Persebaya Surabaya (pekan ke-30). Di atas kertas, lawan-lawan lainnya relatif bisa ditaklukkan Persib Bandung.

Inilah yang membuat tim asuhan Luis Milla punya peluang paling besar untuk meraih gelar juara. Oleh karena itu, Bola.com memprediksi Persib Bandung menjadi jawara musim ini.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer