Sukses


Kabar Baik! Sandy Walsh Tetap Bisa Debut Timnas Indonesia di FIFA Matchday Meski Cedera, Lawan Siapa Nih?

Bola.com, Surabaya - Kabar buruk dan baik datang dari Timnas Indonesia yang melakoni pemusatan latihan (TC) di Surabaya. Bek naturalisasi Sandy Walsh dikabarkan mengalami cedera.

Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, (14/6/2023). Berikutnya, mereka menjamu juara dunia Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (19/6/2023).

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengonfirmasi bahwa pemain berdarah Belanda itu memang mengalami cedera. Namun, ada kemungkinan Sandy Walsh bisa bertanding melawan Argentina.

“Untuk Sandy Walsh, hasil MRI ada sedikit cedera tapi bisa kami terapi. Untuk pertandingan melawan Palestina kemungkinan kecil belum bisa bertanding. Tetapi lawan Argentina, insya Allah bisa dimainkan,” ungkap Sumardji.

 

2 dari 3 halaman

Rawan Cedera

Kondisi ini memungkinkan Sandy Walsh tetap menjalani debut dalam waktu dekat di Timnas Indonesia. Hanya saja, bek berusia 28 tahun itu tak bisa tampil di Surabaya, yang notabene kota kelahiran kakeknya.

Jika bicara cedera, Sandy Walsh telah mengalami tiga cedera dalam dua tahun terakhir seperti dilansir dari laman Transfermarkt. Dari catatan tersebut diketahui bila ia mengalami cedera yang berbeda-beda.

Cedera pertama yang dideritanya adalah gangguan aduktor yang memaksanya absen dalam dua laga pada Maret 2022. Kemudian, ia mengalami fraktur tulang selangka pada Mei 2022 yang membuatnya absen nyaris selama dua bulan.

Terkini, ia mengalami cedera pelvik pada Februari 2023 yang memaksanya absen selama 65 hari. Cedera ini pula yang memaksanya absen dari Timnas Indonesia pasca menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

 

3 dari 3 halaman

Bukan Cedera Serius

Akan tetapi, Sumardji, memastikan bahwa Sandy Walsh tidak mengalami cedera kambuhan seperti yang dialami sebelumnya.

“Tidak saya sudah cek. Memar saja di otot. Insya Allah mudah-mudahan, saya minta dukungan teman-teman nanti lawan Argentina sudah bisa dimainkan. Mudah-mudahan saja bisa segera bisa pulih sedia kala,” imbuh Sumardji.

Sandy Walsh sendiri sempat menunda keinginan untuk membela Timnas Indonesia. Pemain berusia 28 tahun itu sebenarnya telah mengantongi paspor Indonesia alias status WNI pada Desember 2022.

Dia juga mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong untuk tampil di Piala AFF 2022. Sayang, klubnya, Mechelen, tidak memberi izin mengingat Piala AFF bukanlah agenda resmi FIFA.

Kesempatan untuk menjalani laga debut internasional di Timnas Indonesia tetap terbuka di FIFA Matchday bulan Juni ini.

Video Populer

Foto Populer