Sukses


Kurniawan Kartika Ajie, Idola Baru Persita yang Sering Jadi Kiper Buangan: Sosoknya Bukan Kaleng-kaleng!

Bola.com, Kediri - Kehidupan selalu diwarnai oleh pasang dan surut. Hal itu juga yang dialami oleh Kurniawan Kartika Ajie, kiper Indonesia yang baru bergabung bersama Persita Tangerang dari Persik Kediri.

Karena performanya bersama Persik Kediri di putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024 menurun, kiper kelahiran Balikpapan ini dilepas ke Persita Tangerang.

Dari data putaran pertama di Persik Kediri, Kurniawan Kartika Ajie tampil dalam sembilan pertandingan dan kebobolan 15 gol.

Dalam debut bersama Persita Tangerang, Kurniawan Kartika Ajie mencatatkan clean sheet ketika Pendekar Cisadane menggilan RANS Nusantara FC dengan skor 3-0. Eks kiper Timnas Indonesia U-23 itu sangat ekspresif meluapkan kegembiraannya saat itu.

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 4 halaman

Performa saat Berseragam Persik

Sebenarnya Kurniawan Kartika Ajie bukan penjaga gawang kaleng-kaleng. Musim lalu ketika berseragam Persik Kediri, Kartika Ajie 14 kali berdiri di bawah mistar dengan kebobolan 12 gol.

Bahkan Kartika Ajie juga ikut mengukir rekor sembilan kemenangan beruntun pada akhir musim. Catatan ini menyamai rekor milik PSM Makassar, juara BRI Liga 1 2022/2023.

Rapor apik itu ternyata masih tersimpan di buku Divaldo Alves. Mantan pelatih Persik Kediri yang memboyong Kurniawan Kartika Ajie ke Persita.

Pada musim 2021/2022, Kurniawan Kartika Ajie satu-satunya kiper 'terbuang', tetapi paling sukses di semua level kompetisi, Liga 1 dan Liga 2. Lalu kenapa jadi kiper terbuang?

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Saat itu dia masih menjalani kontrak dengan Arema FC hingga akhir 2022. Karena tidak dimainkan oleh Singo Edan. Kurniawan Kartika Ajie pun dipinjamkan ke RANS Nusantara FC yang tampil di Liga 2 2021.

Tanpa diduga, sosok kelahiran 20 Juni 1996 ikut berjasa mengantar klub milik artis kondang Raffi Ahmad ini promosi ke Liga 1 2022.

Musim itu, Kartika Ajie bermain 13 pertandingan dengan hanya sembilan kali memungut bola dari gawangnya, serta tujuh catatan clean sheet.

Setelah sukses bersama RANS Nusantara FC, Kartika Ajie kembali jadi komoditas pinjaman dari Arema FC ke Barito Putera. Dia dibawa pelatih Rahmad Darmawan yang juga sukses di RANS Nusantara FC.

Kiper berpostur 182 cm tersebut juga berhasil menyelamatkan Barito Putera dari kurang degradasi.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer