Sukses


Kartu Merah Alberto Rodriguez Diubah Komdis PSSI ke Nick Kuipers, Pelatih Persib: Terlucu dalam 30 Tahun Karier Saya, Ini Bukan PS!

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, tidak habis pikir dengan Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang mengubah hukuman dari Alberto Rodriguez ke Nick Kuipers hanya beberapa jam sebelum berhadapan dengan PSIS Semarang.

Ketika Persib Bandung bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Barito Putera di Stadion Sultan Agung, Bantul, dalam pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2024 pada 23 Februari 2024, Alberto Rodriguez mendapatkan kartu merah.

Wasit Erfan Efendi menganggap bahwa Alberto Rodriguez melanggar penyerang Barito Putera, Gustavo Tocantins, pada menit ke-70.

Padahal dari tayangan ulang, bukan Alberto Rodriguez yang menjatuhkan Gustavo Tocantins, melainkan duetnya di jantung pertahanan Persib Bandung, Nick Kuipers.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Direvisi Mendadak

Namun, Erfan Efendi bergeming. Alberto Rodriguez tetap diusir keluar dan menjadi korban kesalahan keputusan pengadil pertandingan asal Surabaya, Jawa Timur, tersebut.

Bojan Hodak telah mempersiapkan Nick Kuipers berduet dengan Kakang Rudianto untuk melawan PSIS dalam pekan ke-26 BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Selasa (27/2/2024).

Namun, Bojan Hodak mengungkapkan bahwa Komdis mengirimkan surat pada hari yang sama terkait larangan bermain untuk Nick Kuipers.

3 dari 6 halaman

Ungkapan Bojan Hodak

Anehnya, Alberto Rodriguez justru terbebas dari sanksi kartu merah dan diperbolehkan untuk membela Persib kontra PSIS.

"Ini hal yang sangat lucu terjadi. Dalam 30 tahun karier saya di sepak bola profesional, saya belum pernah merasakan situasi ini," ujar Bojan Hodak.

"Pada hari pertandingan, Komdis mengirimkan surat bahwa ada satu pemain dan ada pemain lainnya yang tidak bisa bermain," imbuh Bojan Hodak.

4 dari 6 halaman

Kegeraman Bojan Hodak

"Namun, tiba-tiba Nick Kuipers tidak bisa bermain dan Alberto Rodriguez bisa bermain. Ini hal yang lucu dan tidak profesional," jelas Bojan Hodak.

"Jadi, ini tentunya hal yang perlu diubah karena mungkin orang-orang tidak mengerti apa yang berpengaruh dari keputusan ini," kata arsitek asal Kroasia tersebut.

5 dari 6 halaman

Bukan Playstation

Tanpa Nick Kuipers, Persib masih terlalu perkasa untuk PSIS. Tim berjulukan Pangeran Biru itu menang lewat tiga tol tanpa balas lewat gol bunuh diri Lucao pada menit ke-15, Stefano Beltrame pada menit ke-38, dan David da Silva pada menit ke-65.

"Kami berlatih untuk pertandingan dan ini bukan playstation yang bisa dengan mudah mengeluarkan pemain dan memasukan pemain lainnya. Ini tidak bisa terjadi di kehidupan nyata," ujar Bojan Hodak.

6 dari 6 halaman

Persaingan Musim Ini

Video Populer

Foto Populer