Sukses


Statistik Mentereng Bruno Fernandes Tepat Setahun di Manchester United, Sosok Pembeda Menuju Arah Kejayaan

Bola.com, Jakarta - Tepat setahun lalu, Manchester United memulai perjalanan mereka merangsek ke papan atas Liga Inggris. Semuanya dimulai ketika Bruno Fernandes datang dari Sporting Lisbon dengan banderol 55 juta pounds. 

Kekalahan 0-2 di kandang dari Burnley sepekan sebelumnya di kancah Liga Inggris mungkin menjadi momen terendah manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Fans mulai habis kesabaran. 

Hasil itu membuat Setan Merah tercecer di peringkat kelima, defisit 24 poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris, Liverpool, dan minim harapan ada perbaikan signifikan. Tetapi, segalanya mulai berubah. 

Seperti dilansir The Sun, Sabtu (30/1/2021), Bruno Fernandes datang dan musim 2019/2020 MU finis di peringkat ketiga Liga Inggris dan mencapai semifinal di tiga turnamen berbeda, perinciannya Piala FA, Carabao Cup, dan Liga Europa. 

Momentum kembali muncul musim ini, setelah awal yang sulit. Red Devils kembali menuju arah kejayaan. 

Sejak Fernandes gabung Manchester United, tidak ada pemain lain di Premier League yang mencetak lebih banyak gol dibanding sang pemain di semua kompetisi. Gelandang asal Portugal itu membukukan 28 gol. 

Harry Kane menempati posisi kedua dengan 26 gol dan hanya Kevin De Bruyne yang mencatatkan lebih banyak assist dibanding Fernandes, 21 berbanding 17. 

Bruno Fernandes tampil dalam 34 pertandingan Premier League dan MU memenangi 21 di antaranya. Sebagai perbandingan, pada 34 laga sebelumnya, Setan Merah hanya menang 12 kali. 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Sosok Pemenang

Tak heran, Solskjaer memberikan pujian setinggi langit untuk gelandang Portugal itu. 

“Brilian. Sejak hari pertama dia masuk dan ingin memengaruhi suasana, lingkungan bermain, staf. Dia adalah tambahan yang bagus," kata Solskjaer. 

"Dia sosok rendah hati, bekerja keras, dan saya rasa setiap orang telah melihat apa yang dilakukannya di lapangan. Saya sangat senang dengan tahun pertamanya dan semoga terus berlanjut." 

Bruno Fernandes bukan hanya mahir saat memegang bola, tapi juga mengubah banyak hal di Manchester Sebelum kedatangannya, United bisa mengalami kekalahan tanpa ada yang berteriak, mengangkat, mengkritik, atau merajuk. Fernandes mengubah semua itu.

Coba tengok kembali pertengkarannya di lapangan dengan Victor Lindelof setelah United kebobolan gol kedua dalam kekalahan 1-2 di semifinal Liga Europa dari Sevilla. Dia selalu menuntut tinggi di setiap pertandingan, non setop, dan rekan setimnya merespons. 

"Dia punya opini, seorang pemenang, dan tak akan membiarkan pertandingan berlalu begitu saja, dan selalu membicarakannya setelahnya. Dia ingin membuat pengaruh di sini dan di sana. Dia bersemangat tentang kemenangan dan tahu sepak bola," tutur Solskjaer. 

Bahkan ketika diistirahatkan dan duduk di tribune, ia berbicara dengan rekan setimnya tentang pertandingan. Ketika sampai di rumah, Bruno Fernandes kemudian memelajari lagi pertandingan yang dilihat atau dijalaninya. 

Bruno Fernandes memang beda. Dia hampir sendirian membawa Manchester United kembali berjalan menuju arah kejayaan. 

3 dari 3 halaman

Statistik Bruno Fernandes di Semua Kompetisi

Jumlah pertandingan: 52

Starter: 47

Menit bermain: 4.145

Gol: 28

Menit per gol: 148

Jumlah penalti: 16

Penalti berhasil: 15

Assist: 17

Gol dan assist: 45

Menit per gol/assist: 92

Konversi tendangan: 16%

Akurasi operan: 75%

Rata-rata kemenangan: 61

Sumber: The Sun 

Video Populer

Foto Populer