Sukses


Flandy Limpele, Pelatih Indonesia di Balik Kegemilangan Ganda Putra India Rankireddy / Shetty

Bola.com, Jakarta - Ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, mencuri perhatian setelah melesat ke final Prancis Terbuka 2019, Minggu (27/10/2019). Meski kalah dari ganda Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, pasangan India tersebut tetap mendapat banyak apresiasi. 

Hasil di Prancis Terbuka menjadi pencapaian tertinggi Rankireddy/Shetty sebagai pasangan. Ini kali pertama mereka berhasil menembus final turnamen BWF Super 750. Bahkan, mereka menjadi ganda putra India pertama yang melakukannya.

Di balik pencapaian apik ganda India tersebut, ternyata ada sosok pelatih asal Indonesia, Flandy Limpele, yang berperan besar. 

Keberhasilan masuk final Prancis Terbuka tersebut juga menjadi pembuktian bahwa kemenangan di Thailand Terbuka 2019 (Super 500) bukan kebetulan semata.  

Selama lebih dari tiga bulan setelah kemenangan tersebut, Rankireddy/Shetty, seperti menghilang. Pertama, mereka absen selama 45 hari karena cedera. Rankireddy bermasalah di bahu, sedangkan Shetty mengalami problem otot. Setelah pulih, hasil apik yang dicari belum juga tercapai. 

Mereka menjalani tiga turnamen beruntun dengan hasil pas-pasan. Momen kebangkitan baru diukir saat bermain di Prancis Terbuka 2019. 

"Turnamen ini selalu menjadi venue favorit bagi kami. Kami selalu bermain bagus di sini. Kondisinya cocok dengan gaya bermain kami," kata Rankireddy, seperti dilansir New India Express, Selasa (29/10/2019). 

Di Prancis Terbuka, mereka tampil menjanjikan. Bahkan, Rankireddy/Shetty, berhasil menyingkirkan ganda nomor dua dunia asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di babak 16 besar. 

Saat ditanya resep penampilan gemilang di Prancis Terbuka, mereka menyebut peran sang pelatih baru, Flandy Limpele. 

"Bukan berarti kami tak bermain bagus sebelum Prancis Terbuka. Kami kemudian tetap bekerja keras bersama pelatih baru (Flandy Limpele) dan segalanya berjalan bagus," kata Rankireddy. 

"Kami banyak memberi perhatian pada kebugaran sejak dia datang. Banyak sekali drill di luar lapangan. Itu semua sangat membantu kami," imbuh dia. 

 

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Flandy Limpele

Dengan peningkatan prestasi, tekanan untuk lolos ke Olimpiade 2020 semakin besar. Namun, pasangan peringkat 10 dunia tersebut tak mau merasa terbebani.  

"Kami tak berpikir terlalu jauh saat ini. Kami menjalani satu persatu. Jika kami terus bermain bagus, saya rasa lolos ke Olimpiade tak akan jadi masalah," ujar Rankireddy. 

Flandy Limpele yang kini menangani ganda India itu bukan sosok asing bagi publik Indonesia. Dia juga pernah merasakan tangan dingin pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi. 

Saat menjadi pemain, Flandy Limpele merupakan pemain spesialis ganda, baik putra maupun campuran. Dia pernah berpasangan dengan Minarti Timur hingga Vita Marissa. Sedangkan di ganda putra, pasangannya yang paling diingat adalah Eng Hian. 

Saat berpasangan dengan Eng Hian, dia berhasil menjuarai turnamen di Denmark (2000), Singapura (2000, 2006), Jepang (2002), Jerman (2003), dan Copenhagen Masters (2000, 2004). Gelar paling bergengsi bagi mereka adalah medali perunggu Olimpiade Athena 2004. 

Sedangkan di ganda campuran, prestasi terbaik Flandy diraih saat berpasangan dengan Vita Marissa sejak 2006. Mereka pernah juara di Kepang, Singapura, Prancis, hingga SEA Games. Mereka juga meraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 2007 dan merebut medali emas di Kejuaraan Asia Bulutangkis pada 2008.

 

Video Populer

Foto Populer