Sukses


5 Cara Menghilangkan Karat, Efektif dan Aman

Bola.com, Jakarta - Karat membandel pasti sangat mengganggu. Adanya karat tentu membuat tampilan barang menjadi tidak bagus dipandang.

Benda-benda bermaterial besi pada dasarnya memang sangat rentan terhadap ancaman karat. Karat, merupakan hasil dari reaksi kimia yang disebut dengan korosi.

Karat bisa terbentuk karena terdapat uap air maupun akibat udara di lingkungan sekitar yang lembab, uap garam dan asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata, bahkan akibat saling bersinggungannya logam satu dengan logam lainnya.

Banyak dari kita yang sering mengeluh jika barang-barang kesayangan di rumah mengalami korosi atau jadi berkarat. Lalu bagaimana cara menghilangkan karat pada besi?

Cara menghilangkan karat bisa dilakukan dengan berbagai metode. Cara menghilangkan karat ternyata tak begitu sulit dilakukan.

Cara menghilangkan karat ini cukup sederhana dan menggunakan bahan yang mudah untuk ditemukan. Berikut cara menghilangkan karat paling efektif yang bisa Anda coba sendiri di rumah, disadur dari Merdeka.com, Minggu (20/12/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat

1. Cuka

Cara menghilangkan karat pertama dengan menggunakan cuka. Cuka diketahui efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam.

Bahkan menggunakan cuka mampu menghilangkan karat secara permanen. Caranya Anda cukup merendam benda-benda yang berkarat dan biarkan semalaman.

Angkat benda-benda tersebut dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat baja atau sikat kawat. Jika ada beberapa titik karat yang tersisa, ulangi proses dan rendam objek lebih lama.

Setelah semua karat dihilangkan, bersihkan dengan sabun dan air dan keringkan sampai bersih. Lebih baik menggunakan cuka sari apel dibandingkan cuka putih.

Meskipun cuka putih juga dapat digunakan, ia tidak seefektif cuka sari apel.

2. Baking soda

Bahan untuk cara menghilangkan karat yang berikutnya baking soda. Ketika Anda menggunakannya harus berhati-hati kagar tidak terkena dengan bagian tubuh Anda karena bisa mengalami iritasi.

Baking soda bekerja dengan baik pada benda-benda dengan karat ringan atau yang terbuat dari logam tipis. Cara menghilangkan karat dengan baking soda cukup mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada benda berkarat tersebut menggunakan sabut baja atau sikat gigi.

Anda mungkin perlu berulang kali menggunakan pasta untuk memperoleh hasil yang maksimal.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat

3. Lemon dan garam

Perpaduan antara lemon dan garam bisa menjadi cara menghilangkan karat yang bisa Anda coba di rumah. Metode ini mampu mengatasi bintik-bintik karat kecil yang menempel pada bahan logam.

Sudah diketahui kandungan asam dalam lemon merupakan pembersih karat alami dan terkenal. Selain itu, Anda juga membutuhkan garam untuk membuatnya bekerja.

Caranya taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon , dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.

4. Sabun cuci piring dan kentang

Trik selanjutnya yang dapat Anda coba dengan menggunakan sabun cuci piring dan kentang. Kedua bahan ini diyakini dapat menghilangkan karat pada logam polos tanpa relief atau motif.

Kentang memiliki kandungan asam oksalat, yang membantu memecah karat. Kentang ini sangat berguna dan tidak beracun.

Caranya iris kentang menjadi dua dan tutupi bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring. Gosok bagian yang berkarat dengan kentang untuk menghilangkan karat.

Bilas dan keringkan dengan baik.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karat

5. Asam sitrat

Cara selanjutnya untuk menghilangkan karat dengan menggunakan asam sitrat atau larutan asam. Bahan ini dapat Anda temykan di toko makanan kesehatan dan di lorong kue beberapa supermarket.

Anda cukup mencampurkan air hangat dengan asam sitrat. Lalu rendam benda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam.

Setealh itu gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 28/4/2020).

 

Dapatkan kumpulan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer