Sukses


Makna Lambang Gerakan Pramuka yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Di Indonesia, setiap 14 Agutus diperingati sebagai Hari Pramuka, yang telah diatur melalui Keputusan Presiden Nomor 448 Tahun 1961.

Pramuka adalah gerakan mendunia yang telah membentuk perkembangan pemuda dan orang dewasa selama lebih dari 100 tahun. Gerakan ini awalnya dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris sekitar tahun 1906-1907.

Gagasan tersebut kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan Kepanduan, yang di Indonesia disebut dengan Pramuka.

Di Indonesia, gerakan Pramuka dilambangkan dengan tunas kelapa. Lambang tersebut diciptakan oleh Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai Departemen Pertanian pada 1961.

Pemilihan tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka tentu bukan tanpa sebab. Ada banyak makna dan kiasan di balik tunas kelapa tersebut. Apa maknanya?

Berikut ini rangkuman tentang makna lambang gerakan Pramuka yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman ayosinau.com, Jumat (13/8/2021).

2 dari 7 halaman

Buah Nyiur dalam Keadaan Tumbuh Dinamakan Cikal

Makna buah kelapa atau nyiur yang sedang tumbuh secara istilah memiliki arti 'cikal bakal' di Indonesia, yang berarti 'penduduk asli pertama Indonesia yang menurunkan generasi baru'.

Jadi, buah kelapa atau nyiur dalam keadaan tumbuh tersebut memiliki persamaan makna, yaitu sebagai usur utama kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

3 dari 7 halaman

Buah Kelapa dapat Bertahan Lama dalam Berbagai Keadaan

Lambang buah kelapa dapat bertahan lama dalam kondisi apa pun. Hal ini mengkiaskan bahwa anggota Pramuka adalah sosok dari seorang yang rokhaniah dan memiliki jasmaniah yang kuat, ulet, sehat serta memiliki tekad yang besar dalam menghadapi segala rintangan dan menghadang dalam kehidupannya dan siap menempuh berbagai macam ujian agar dapat mengabdi untuk tanah air tercinta serta bangsa Indonesia.

4 dari 7 halaman

Buah Kelapa atau Nyiur Bisa Tumbuh Dimana Saja

Hal ini menandakan bahwa besarnya daya serta upaya dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya (kemampuan beradaptasi). Jadi, melambangkan setiap anggota Pramuka dapat beradaptasi dalam masyarakat di mana pun dan kapan pun dia berada serta dalam situasi apa pun.

5 dari 7 halaman

Buah Kelapa atau Nyiur Tumbuh Menjulang Lurus ke Atas dan Tinggi

Pohon kelapa merupakan satu di antara pohon tertinggi yang ada di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, lambang Pramuka berarti bahwa setiap anggota Pramuka memiliki cita-cita yang lurus dan tinggi, yaitu cita-cita yang mulia dan jujur serta ia dapat tetap berdiri tegak dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh apa pun.

6 dari 7 halaman

Akar Kelapa atau Nyiur Tumbuh ke dalam Tanah dan Kuat

Lambang Pramuka ini memiliki arti bahwa tekad dan keyakinan setiap anggota Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan yang benar, baik, kuat dan nyata, merupakan tekad dan keyakinan yang digunakan olehnya untuk memperkuat dirinya agar dapat mencapai cita-citanya.

7 dari 7 halaman

Pohon Kelapa adalah Pohon yang Serbaguna

Pohon Kelapa merupakan pohon yang serbaguna dari ujung atas sampai bagian akarnya. Berdasarkan hal tersebut, lambang Pramuka memiliki arti atau makna bahwa setiap anggota Pramuka merupakan seseorang yang dapat berguna dan mau membaktikan dirinya untuk kepentingan tanah air, agama, bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia.

 

Sumber: Ayosinau

Video Populer

Foto Populer