Sukses


Cara Merawat Sugar Glider bagi Pemula

Bola.com, Jakarta - Sugar glider merupakan satu di antara jenis hewan peliharaan yang sedang diminati saat ini. Maka dari itu, cara merawat sugar glider menjadi ramai diperbincangkan dan perlu Anda ketahui.

Sugar glider merupakan hewan yang mirip dengan tupai terbang dan memliki tubuh yang mungil. Tingkah sugar glider juga lucu dan menggemaskan.

Hewan mungil ini bisa melompat hingga 50 meter. Ia akan melompat saat mencari makan dan menghindari serangan predator.

Sugar glider merupakan hewan nokturnal, yaitu lebih aktif pada malam hari, dan bersarang di tempat tinggi.

Berikut cara merawat sugar glider bagi pemula, disadur dari Liputan6, Sabtu (11/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Sugar Glider

1. Kenali Perilaku dan Karakteristiknya

Banyak orang menganggap sugar glider hewan peliharaan yang menawan dan menghibur. Mereka suka memanjat dan meluncur dari satu tempat ke tempat lain jika ruang mereka memungkinkan.

Tetapi ingat, sugar glider termasuk hewan yang suka hidup berkoloni atau bersama-sama serta punya ikatan yang kuat dengan sesama jenisnya.

Jadi sebaiknya, belilah sugar glider minimal sepasang agar mereka tidak merasa kesepian sehingga bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Mereka juga suka berinteraksi dengan manusia, terutama dengan orang-orang yang memelihara mereka.

2. Tempatkan Kandang dengan Benar

Sugar glider membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Lantaran suka bermain dan meluncur, sangat disarankan menyiapkan kandang yang berukuran besar. Kandang yang lebarnya 24 inci dengan tinggi 36 inci adalah ukuran minimum yang baik untuk sepasang sugar glider.

Jangan gunakan kandang yang terbuat dari baja galvanis karena bisa berkarat dan membuat sugar glider terserang infeksi kandung kemih. Gunakan kandang yang terbuat dari jaring atau dengan jeruji horizontal sehingga bisa digunakan untuk memanjat.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Sugar Glider

3. Baki Besar untuk Alas Kandang

Anda disarankan untuk menggunakan baki besar sebagai alas di dalam kandang untuk tempat menampung kotoran dan sisa makanan agar lebih mudah dibersihkan. Jangan menggunakan alas yang terbuat dari kayu, bantalan anjing atau beberapa jenis minyak keras karena bisa mengganggu pernapasan sugar glider.

Pastikan alas tidak mengandung bahan beracun. Sementara, pasir atau koran bekas dan diganti satu minggu sekali.

4. Berikan Makanan dan Minuman Sehat

Sugar glider biasanya menyukai telur burung, kadal, serangga, dan makanan liar lainnya. Mereka membutuhkan nutrisi yang cukup seperti lemak, protein, mineral, dan gula yang bisa didapatkan dengan diet sehat.

Mereka juga biasa diberi camilan, seperti ulat hongkong, pepaya kering, kelapa kering bebas sulfur, yoghurt dan kacang.

Sugar glider menyukai makanan yang bisa dijilat, seperti bubur apel, atau yoghurt, dan makanan bayi rasa ayam atau apel. Mereka tidak suka makanan anjing atau kucing.

Pastikan juga makanan yang Anda berikan tidak mengandung zat pewarna, pengawet, dan pemanis buatan yang tidak alami. Jangan lupa untuk memberi air minum yang disaring atau bukan air tanah. dan jangan sampai wadahnya kosong.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Sugar Glider

5. Hindari infeksi bakteri dan parasit

Sugar glider merupakan hewan yang rentan terhadap beberapa infeksi bakteri dan parasit. Kalau hewan satu ini mengalami dehidrasi, lesu, dan kekurangan gizi, mungkin sedang terinfeksi kuman-kuman itu.

Sebagian besar infeksi bakteri dan parasit yang terjadi pada hewan satu ini karena buah dan sayuran yang tidak dicuci. Jadi, bersihkan secara menyeluruh makanan yang Anda berikan ke sugar glider.

6. Pemeriksaan ke Dokter Hewan

Setiap hewan peliharaan termasuk sugar glider, ada baiknya dibawa dan diperiksa secara rutin ke dokter hewan. Apalagi sugar glider sering mengalami masalah kesehatan umum seperti stres jika dibangunkan dan dibawa keluar dari kandangnya di siang hari. Hewan peliharaan ini bisa merusak diri sendiri dan terkadang mengigit kandang dalam kondisi stres.

Kalau Anda melihat tanda-tanda seperti itu, segera konsultasikan dengan dokter hewan. Mereka dapat membantu menyelesaikan masalah dan menyarankan Anda untuk perawatan sugar glider yang lebih baik.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Henry, Editor: Dinny Mutiah. Published: 10/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer