Sukses


Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan Alami

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi tumit pecah-pecah patut menjadi perhatian. Pasalnya, masalah satu ini kerap dihadapi banyak orang. Tak hanya kaum perempuan melainkan juga laki-laki kerap mengalaminya.

Meski tumit dianggap bukan bagian tubuh yang bisa menarik perhatian, faktanya, tumit pecah-pecah bisa menyebabkan kepercayaan diri seseorang turun.

Ya, tumit yang pecah-pecah menimbulkan kesan tak sedap dipandang. Dalam beberapa kasus, tumit yang pecah-pecah bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Jadi, harus segera dicari solusi mengatasinya.

Perlu diketahui, tumit pecah-pecah sangat umum terjadi, satu di antaranya karena bagian tumit dan telapak kaki tidak memiliki kelenjar keringat sehingga mudah kering dan menjadi kasar.

Ada beberapa cara untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan tumit pecah-pecah, satu di antaranya menggunakan bahan alami. Cara ini direkomendasikan karena minim efek samping, jadi aman untuk Anda terapkan.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi tumit pecah-pecah menggunakan bahan alami, disadur dari Liputan6, Senin (27/9/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

1. Gunakan Pelembap

Pelembab yang direkomendasikan digunakan, yaitu jenis krim pelembab yang kental dan kaya kandungan baik, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. 

Carannya cukup mudah, yaitu dengan melumuri tumit kaki tersebut dengan pelembab, lalu bungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman. Agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan pelembab segera setelah mandi.

2. Minyak Nabati

Minyak yang berasal dari bahan nabati bisa gunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Jenis minyak nabati, seperti, minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa, ampuh untuk melembabkan kulit tumit. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalamnya, yang mampu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Cara aplikasinya, yaitu dengan melumuri tumit yang kering. Namun, Anda bisa memanfaatkan sifat licin dari minyak untuk memijat tumit yang pecah secara perlahan. 

Lakukan setiap malam sebelum tidur maka minyak tersebut akan bantu melembabkan kulit. Lalu, gerakan memijit tersebut juga akan membantu merangsang sirkulasi untuk mempercepat penyembuhan. 

Setelah diumuri dan dipijit, Anda bisa membungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman.

3. Petroleum Jelly dengan Air Lemon

Campuran petroleum jelly dengan air perasan lemon ampuh menyembuhkan tumit kaki yang pecah-pecah. Caranya mudah, Anda cukup merendam kaki di air hangat selama dua 20 terlebih dahulu, lalu keringkan dengan benar. 

Setelah itu, tuang satu sendok teh petroleum jelly dengan tiga sendok teh air perasan lemon, aduk hingga benar-benar rata.

Oleskan pasta tersebut ke tumit kaki yang pecah, lalu diamkan sekitar satu jam. 

Anda bisa membungkusnya dengan kaus kaki dan biarkan semalaman. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

4. Oatmeal

Sejak ratusan tahun lalu oatmeal sudah digunakan sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan campuran dari minyak zaitun di dalamnya.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan wadah, lalu tuang satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta. 

Selanjutnya, lumuri tumit kaki yang pecah dengan pasta oatmeal tersebut, biarkan meresap hingga setengah jam lalu bilas hingga bersih. 

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mempraktikkan cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah ini dua sampai tiga hari sekali.

5. Alpukat dan Pisang

Pisang merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi tumit pecah-pecah, sedangkan alpukat kaya beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan satu buah pisang matang dan setengah alpukat. Lalu, haluskan kedua bahan tersebut dan pastikan tercampur merata hingga menjadi pasta. 

Setelah itu, Anda bisa balurkan pasta di tumit kaki yang pecah-pecah dan diamkan selama 15-20 menit.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa membungkus kaki yang sudah dibaluri pasta tersebut dengan kaus kaki agar adonan pasta dapat menyerap sempurna ketika didiamkan semalam suntuk. 

Lalu, cuci kaki dengan air hangat setelah proses pengobatan dengan masker dari pasta alpukat dan pisang tersebut, dan lakukan sebanyak dua hari sekali.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Rizky Mandadari. Published: 6/8/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer