Sukses


Macam-Macam Makna Tunas Kelapa, Lambang Gerakan Pramuka Nasional

Bola.com, Jakarta - Hari Pramuka Nasional diperingati pada 14 Agustus setiap tahunnya. Pada 2022, Gerakan Pramuka Indonesia memasuki usia ke-61 tahun.

Gerakan Pramuka Nasional diresmikan pada 1961. Dalam merayakan Hari Pramuka Nasional ke-61, ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Satu di antaranya kamu bisa mengetahui makna di balik lambang Gerakan Pramuka Nasional.

Gerakan Pramuka Nasional dilambangkan dengan tunas kelapa. Lambang tersebut diciptakan oleh Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai Departemen Pertanian pada 1961.

Pemilihan tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka Nasional tentu bukan tanpa sebab. Lantas, apa saja makna di balik lambang Gerakan Pramuka Nasional?

Berikut ini pembahasan makna di balik lambang Gerakan Pramuka Nasional tunas kelapa, dikutip dari laman pramuka.or.id, Kamis (11/8/2022).

2 dari 4 halaman

Makna Lambang Gerakan Pramuka Tunas Kelapa

  • Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi, lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengiaskan, bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  • Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan apa pun. Jadi, lambang itu mengiaskan, bahwa setiap Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Kemudian dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada Tanah Air dan bangsa Indonesia juga mempunyai tekad yang kuat.
3 dari 4 halaman

Makna Lambang Gerakan Pramuka Tunas Kelapa

  • Nyiur dapat tumbuh di mana saja. Hal ini membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Jadi lambang itu mengiaskan, bahwa tiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat di mana ia berada dan dalam keadaan apa pun.
  • Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan satu di antara pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi, lambang itu mengiaskan, bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, mulia dan jujur, serta tetap tegak dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
4 dari 4 halaman

Makna Lambang Gerakan Pramuka Tunas Kelapa

  • Akar nyiur yang tumbuh kuat dan erat di dalam tanah melambangkan bahwa tekad dan keyakinan tiap Pramuka mempunyai dasar serta landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata. Tekad dan keyakinan yang dipakai semata-mata untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  • Nyiur adalah pohon yang serbaguna, dari ujung hingga akarnya. Jadi lambang itu mengiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta kepada umat manusia.

 

Sumber: pramuka.or.id

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer