Sukses


3 Contoh Descriptive Text yang Bisa Dijadikan Referensi Belajar

Bola.com, Jakarta - Ketika kamu belajar bahasa Inggris, kamu akan menemui berbagai macam jenis teks. Satu di antara jenis teks yang akan dibahas ialah descriptive text.

Descriptive text adalah jenis teks bahasa Inggris yang bertujuan menjelaskan kepada pembaca mengenai sebuah objek, seperti lokasi, benda, atau seseorang secara detail.

Secara garis besar, descriptive text terbagi dalam dua bagian, yaitu identification dan description.

Identification adalah bagian yang menerangkan nama objek dan bentuknya secara umum. Sedangkan pada description, kamu harus memaparkan karakteristik sebuah objek secara detail.

Sebagai informasi, dalam menulis descriptive text, tense yang digunakan adalah simple present tense.

Berikut ini beberapa contoh descriptive text yang bisa dijadikan referensi belajar, dikutip dari laman Don-english dan Jagoanbahasainggris, Senin (5/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

My Lovely Cat

I have a stray cat as my pet.  He is really playful, He loved to play with me and the new things he found. He has orange and white fur, his fur is so soft and I like to rub it for him. He has a long tail. He likes to play with it. He is also always trying to catch his tail sometimes. I also like to hold him in my hand, when I hold him like that he will fall asleep.

Artinya:

Kucing Kesayanganku

Saya punya kucing liar sebagai hewan peliharaan saya. Dia benar-benar lucu, ia senang bermain dengan saya dan hal-hal baru yang ditemukan. Dia memiliki bulu oranye dan putih, bulunya sangat lembut dan saya ingin selalu mengelusnya. Dia memiliki ekor panjang. Ia suka bermain dengan ekornya. Ia juga selalu berusaha untuk menangkap ekornya. Saya juga suka menggendingnya di tangan saya, ketika saya menggendongnya seperti itu, dia akan tertidur.

3 dari 4 halaman

Trying to Know Who I am

My name is John. A high school student and a content creator. The eldest of three children from husband and wife, Edward and Selly. I am an independent and hardworking man.

I am a man with a medium build. My height is about 175 cm and my weight is about 65 kg. I have short straight black hair. My skin is light brown. I have a sharp nose and a slightly pointed chin. I have thick eyelashes and eyebrows. My eyes are medium in size. My forehead is not too wide. I have a hobby of reading books. Maybe that's why I wear glasses. In addition, I am also proficient in football and basketball.

As a content creator, every day I have to provide new content on my blog. Many people support what I do. Therefore, I will continue to take care of myself to stay healthy and productive.

Artinya:

Mencoba Mengenal Siapa Diriku

Nama saya John. Seorang siswa sekolah menengah dan pembuat konten. Anak sulung dari tiga bersaudara dari suami istri, Edward dan Selly. Saya adalah orang yang mandiri dan pekerja keras.

Saya seorang pria dengan tubuh sedang. Tinggi saya sekitar 175 cm dan berat saya sekitar 65 kg. Saya memiliki rambut hitam lurus pendek. Kulit saya berwarna cokelat muda. Saya memiliki hidung yang mancung dan dagu yang sedikit runcing. Saya memiliki bulu mata dan alis yang tebal. Mata saya berukuran sedang. Dahi saya tidak terlalu lebar. Saya memiliki hobi membaca buku. Mungkin itu sebabnya saya memakai kacamata. Selain itu, saya juga mahir dalam sepak bola dan bola basket.

Sebagai pembuat konten, setiap hari saya harus menyediakan konten baru di blog saya. Banyak orang mendukung apa yang saya lakukan. Oleh karena itu, saya akan terus menjaga diri agar tetap sehat dan produktif.

4 dari 4 halaman

My Room is My Favorite Place in My House

My room is on the second floor, next to my big sister’s room. My room is painted light grey. There is a big bed inside my room where I sleep every day. I put some pictures on my desk. There are my family picture, my picture with my friends, and my pictures with my pet, Luna, a Persian cat. I also have drawers where I put all my clothes inside. My room is not big, but it is the best place in my house for me (description).

Artinya:

Kamarku adalah Tempat Favoritku di Rumah

Kamarku ada di lantai dua, di sebelah kamar kakak perempuanku. Kamarku dicat berwarna abu-abu muda. Ada tempat tidur besar di dalam kamarku, tempat aku tidur setiap hari. Aku menaruh beberapa foto di atas mejaku. Foto keluargaku, fotoku bersama teman-teman, dan foto bersama hewan piaraanku, Luna, seekor kucing persia. Aku juga memiliki lemari tempat aku menaruh semua pakaianku. Kamarku tidak besar, tapi kamarku adalah tempat terbaik di rumah untukku.

 

Sumber: Don-english, Jagoanbahasainggris

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer