Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Pemanasan Global bagi Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Kebanyakan orang sudah pernah mendengar istilah pemanasan global. Lantas, apa yang dimaksud dengan pemanasan global?

Pemanasan global atau global warming ialah sebuah fenomena meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, lautan, dan daratan bumi secara menyeluruh.

Pemanasan global juga bisa diartikan sebagai naiknya suhu bumi secara menyeluruh, ditandai dengan es di Kutub yang mencair dan temperatur di berbagai tempat di seluruh dunia yang cenderung naik.

Dalam kondisi tersebut, suhu di bumi terasa makin panas. Tak hanya itu, keadaan cuaca di Bumi menjadi ekstrem dan tidak menentu.

Fenomena pemanasan global tidak bisa terlepas berbagai aktivitas manusia, seperti pembakaran lahan, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, pembakaran limbah pabrik, dan lainnya.

Jika kita tidak berusaha untuk menguranginya maka pemanasan global akan terus terjadi dan memberikan dampak buruk bagi bumi.

Lantas, apa saja dampak pemanasan global bagi kehidupan?

Berikut ini macam-macam dampak buruk pemanasan global bagi kehidupan yang penting diketahui, dikutip dari laman dlh.semarangkota.go.id, Selasa (3/1/2023).

2 dari 5 halaman

Dampak Buruk Pemanasan Global

1.  Kebakaran Hutan

Kenaikan suhu udara yang tinggi dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Hal ini akan membuat hutan menjadi gundul serta asap yang dihasilkan akan mencemari air, tanah, dan udara.

Selain itu, asap yang dihasilkan dapat mengganggu kesehatan.

2. Mencairnya Es di Kutub

Naiknya suhu di udara dan di dalam laut akan membuyat es di kutub-kutub bumi mencair. Mencairnya es-es tersebut akan meningkatkan volume air laut.

3 dari 5 halaman

Dampak Buruk Pemanasan Global

3. Terjadinya Wabah Penyakit

Karena kenaikan suhu akibat pemanasan global, sistem imun makhluk hidup akan menurun sehingga mudah terserang berbagai penyakit. Penyakit-penyakit ini akan menjadi wabah yang mengkhawatirkan.

4. Kabut Asap

Pemanasan global akan meningkatkan suhu di permukaan bumi, memicu terjadinya kekeringan, dan memicu terjadinya kebakaran hutan. Hal tersebut akan menimbulkan kabut asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan kematian.

4 dari 5 halaman

Dampak Buruk Pemanasan Global

5. Krisis Air Bersih

Lantaran pemanasan global, sumber-sumber air di dalam tanah akan menguap. Selain itu, sumber-sumber air tersebut akan tercemar sehingga krisis air bersih tidak dapat dihindari.

6. Naiknya Permukaan Air Laut

Naiknya permukaan air laut disebabkan oleh mencairnya es di kutub-kutub bumi. Lama-kelamaan, hal ini akan menyebabkan banjir di wilayah sekitar bahkan dapat membuat pulau-pulau kecil tenggelam.

5 dari 5 halaman

Dampak Buruk Pemanasan Global

7. Meningkatnya Suhu Air Laut

Terjadinya pemanasan global ditandai dengan kenaikan suhu di permukaan bumi, termasuk di dalam laut. Hal ini dapat membuat makhluk hidup yang hidup di dalamnya mati sehingga terjadi ketakseimbangan ekosistem.

8. Rusaknya Terumbu Karang

Pemanasan global akan membuat suhu dan keasaman air laut. Kedua hal ini akan membuat terumbu-terumbu karang mengalami pemutihan dan lama-kelamaan akan rusak, bahkan hilang.

Rusaknya terumbu karang akan membuat ekosistem laut menjadi tidak seimbang serta flora dan fauna laut akan mati.

 

Sumber: dlh.semarangkota.go.id

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer