Sukses


Apa Itu News Item Text? Ketahui Struktur, Tujuan, dan Cirinya

Bola.com, Jakarta - Di kehidupan kita sehari-hari, tanpa disadari kita sering menjumpai news item text, baik dari media seperti radio, televisi, dan koran.

Sesuai namanya, news item text bisa dikatakan sebagai tulisan yang menyerupai sebuah berita.

Teks ini menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa dengan singkat, runut, lengkap, serta dibuat menarik.

Kejadian atau peristiwa yang ditulis bukan hal sembarangan, tetapi harus layak diberitakan atau penting.

Dari pemaparan di atas bisa disimpulkan bahwa news item text adalah sebuah teks yang menginformasikan tentang peristiwa atau kejadian sehari-hari yang layak diberitakan atau penting untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang news item text. Untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak pembahasannya berikut ini, seperti dikutip dari laman Kuliahbahasainggris dan Pastiguna, Jumat (3/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Struktur News Item Text

  • Newsworthy Event

Bagian ini bisa disebut juga sebagai main event atau kejadian inti yang ingin ditulis dalam sebuah teks. Biasanya, informasi yang berupa peristiwa atau kejadian berbentuk ringkasan dengan inti yang mudah dipahami.

  • Background Event

Background event atau latar belakang sebuah peristiwa wajib ditulis sejelas mungkin dalam sebuah berita.

Latar belakang wajib memiliki 5W+1H untuk mempermudah pembaca dalam memahami konteks tulisan. Jangan sampai kamu membuat bingung para pembaca dengan latar belakang yang tidak lengkap dan membuat tulisan jadi tidak layak diberitakan.

  • Source

Merupakan sumber yang perlu kamu cantumkan dalam sebuah tulisan. Dalam menulis sumber kamu harus memperthatikan keaslian atau keabsahan sumber.

Sumber bisa diambil dari jurnal ilmiah, saksi mata, atau pendapat para ahli yang sudah diterbitkan.

3 dari 4 halaman

Tujuan News Item Text

Tujuan news items text adalah untuk menginformasikan pembaca tentang peristiwa/kejadian sehari-hari yang layak untuk diberitakan atau penting. Kejadian yang diberitakan biasanya adalah kejadian atau peristiwa terbaru.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri News Item Text

  • Bahasa yang digunakan singkat, tetapi padat dan berfokus kepada suatu kejadian.
  • Teks ini juga mencantumkan informasi utama pada judul teksnya (headline).
  • Biasanya menggunakan kata kerja untuk menunjukkan aktivitas (action verbs), seperti: push, hit, jump, crash, dan lain sebagainya.
  • Tenses yang biasa digunakan pada teks ini adalah Past Tenses karena peristiwa yang diceritakan sudah terjadi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bisa menggunakan present tense.
  • Teks ini juga menggunakan saying verb, seperti: said, stated, reported, dan lain sebagainya.

 

Sumber: Kuliahbahasainggris, Pastiguna

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Press Conference 22nd Asian Men's U-20 Volleyball Championship

Video Populer

Foto Populer