Sukses


Macam-Macam Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

Bola.com, Jakarta - Adakalanya kita merasa kurang bersemangat atau suasana hati kurang baik menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami kondisi tersebut, tidak sedikit orang mencoba tidur siang.

Tidur siang diyakini bisa membuat tubuh kita akan terasa lebih segar dan berenergi sehingga dapat melanjutkan aktivitas penuh semangat.

Tidur siang memang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Kendati begitu, ada juga beberapa dampak buruk yang akan dirasakan tidur siang terlalu lama dalam jangka panjang.

Idealnya tidur siang dilakukan selama 15 atau 20 menit. Dan sebaiknya, kamu tidur siang saat pukul 13.00 atau jam 14.00.

Untuk itu, berhati-hatilah apabila kamu punya kebiasaan satu ini ini. Lantas, apa saja dampak buruk dari tidur siang terlalu lama?

Berikut ini macam-macam dampak buruk tidur siang terlalu lama yang perlu diwaspadai, dilansir dari Healthline dan Everydayhealth, Senin (13/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

1. Insomnia

Tidur siang terlalu lama atau terlalu sore bisa membuat jadwal tidur malammu terganggu atau menyebabkan insomnia sehingga kamu tidak memiliki tidur yang berkualitas.

2. Inersia Tidur

Inersia tidur adalah rasa lelah, kebingungan, dan ketaksiapan yang dialami setelah bangun dari tidur siang.

Contohnya, menyebabkan tubuh mengalami transisi lambat yang menyebabkan kebingungan dan rasa pening karena otak belum bekerja sepenuhnya.

3. Sakit Kepala

Tidur siang terlalu lama berisiko membuat kamu mengalami sakit kepala pada keesokan harinya. Hal ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat memengaruhi kerja senyawa kimia di otak (neurotransmitter) seperti serotonin.

Ketika kinerja zat tersebut terganggu, aktivitas saraf di otak akan bermasalah sehingga berisiko menyebabkan sakit kepala.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

4. Stroke

Tidur siang terlalu lama juga menjadi satu di antara penyebab stroke. Dampak buruk ini bahkan telah dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 31.750 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari 90 menit bisa meningkatkan risiko stroke.

Namun, jumlah penelitian mengenai efek ini perlu diperbanyak untuk mengetahui kaitan pasti antara tidur siang terlalu lama dan risiko stroke.

5. Penyakit Jantung

Para peneliti juga menunjukkan hasil bahwa tidur siang lebih dari satu jam akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 82 persen dan meningkatkan risiko kematian 27 persen.

6. Tekanan Darah Tinggi

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association menyebutkan, tidur siang terlalu sering dan lama bisa meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi sebesar 12 persen.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

7. Diabetes Tipe 2

Terlalu lama tidur siang berhubungan dengan diabetes tipe 2. Tidur siang lebih dari satu jam akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46 persen. Hasil penelitian ini sudah dipresentasikan di Annual Meeting of the European Association for the Study of Diabetes tahun 2015.

8. Meningkatkan Risiko Masalah Kardiovaskular

Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam European Society of Cardiology Congress tahun 2020 menyebutkan bahwa tidur siang terlalu lama meningkatkan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular.

Sebanyak 313.651 peserta dari lebih dari 20 studi dilibatkan dalam analisis dengan sekitar 39 persen peserta rutin tidur siang.

Analisis menemukan bahwa tidur siang lebih dari 60 menit dikaitkan dengan risiko kematian karena semua penyebab 30 persen lebih besar dan kemungkinan penyakit kardiovaskular 34 persen lebih tinggi dibandingkan dengan peserta yang tidak tidur siang.

Namun, tidur siang kurang dari 60 menit tidak berisiko mengembangkan penyakit kardiovaskular.

9. Sindrom Metabolik pada Tubuh

Terlalu lama tidur siang bisa menyebabkan tubuh mengalami sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan kondisi di saat tekanan darah, kadar lemak, kolesterol, dan gula darah dalam tubuh meningkat.

Jika semuanya itu meningkat, kita akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti diabetes bahkan gangguan jantung.

 

Sumber: Healthline, Everydayhealth

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer