Sukses


Macam-Macam Sudut Pandang dalam Cerpen yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Sudut pandang merupakan satu di antara unsur yang penting diperhatikan dalam proses menciptakan suatu karya fiksi.

Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam menuangkan ceritanya. Sudut pandang biasa disebut sebagai penceritaan atau point of view.

Sudut pandang berhubungan dengan siapa yang menceritakan kisah dalam cerpen tersebut. Sudut pandang yang dipilih oleh pengarang akan menentukan gaya dan corak cerita.

Di dalam sebuah cerita karya fiksi seperti cerpen ada beberapa jenis sudut pandang.

Bagi kamu yang sedang belajar menulis cerpen, perlu mengetahui macam-macam sudut padang tersebut.

Berikut macam-macam sudut pandang dalam cerpen yang bisa dipelajari, dikutip dari umsu.ac.id dan laman Studiobelajar, Selasa (28/11/2023).

2 dari 4 halaman

Sudut Pandang Orang Pertama

Sudut orang pertama adalah sudut pandang yang menggunakan kata ganti orang pertama, yaitu "aku", "saya", atau "kami". Lewat sudut pandang ini, pembaca akan dibuat seolah-olah ikut menjadi tokoh dalam cerpen.

Ada dua macam sudut pandang orang pertama, yaitu:

  • Sudut Pandang Orang Pertama (Tokoh Utama)

Sudut pandang di mana segala hal terkait pikiran, perasaan, tingkah laku, atau kejadian yang tokoh "aku" lakukan akan digambarkan pada cerita tersebut. Jika ada tokoh lain selain "aku" maka akan diceritakan sebatas keterkaitan dengan tokoh "aku".

  • Sudut Pandang Orang Pertama (Tokoh Sampingan)

Berbeda dengan sudut pandang sebelumnya, pada teknik ini tokoh "aku" bukanlah pemeran utamanya, melainkan sebagai orang yang menceritakan rangkaian peristiwa yang dialami tokoh utama.

3 dari 4 halaman

Sudut Pandang Orang Ketiga

Pada sudut pandang orang ketiga, kata ganti yang digunakan adalah "dia", "ia", "mereka" atau nama tokoh yang diceritakan.

Ada dua jenis sudut pandang orang ketiga, yaitu:

  • Sudut Pandang Orang Ketiga (Serbatahu)

Sudut pandang yang memungkinkan penulis untuk menceritakan watak, pikiran, perasaan, kejadian, bahkan latar belakang dari suatu peristiwa.

  • Sudut Pandang Orang Ketiga (Pengamat)

Pada sudut pandang ini, penulis hanya menceritakan sebatas pengetahuannya saja dengan cara mengamati, mendengar, mengalami, atau merasakan suatu kejadian di dalam cerita.

4 dari 4 halaman

Sudut Pandang Campuran

Merupakan sudut pandang gabungan sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Adakalanya pengarang menempatkan dirinya di dalam cerita dan orang di luar cerita yang serbatahu.

 

Sumber: umsu.ac.id, Studiobelajar

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer