Sukses


9 Macam Polusi yang Dapat Dijumpai di Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Di era modern ini, banyak macam polusi yang mudah kita temukan di kehidupan sehari-hari, baik di air, udara, dan di tempat lainnya.

Ya, bisa dibilang polusi telah menjadi bagian dari kehidupan, khususnya bagi kamu yang tinggal di area perkotaan.

Polusi adalah adanya percampuran beberapa zat kimia berbahaya mengandung sifat racun yang terjadi pada lingkungan sehingga mengakibatkan beberapa dampak yang bisa membahayakan bagi mahluk hidup di sekitarnya.

Saat terjadi polusi maka fungsi dari lingkungan tidak akan stabil karena sudah tercemar sehingga membuat tidak nyaman dan mendatangkan penyakit bagi mahluk sekitarnya.

Adapun dampak yang ditimbulkan akibat polusi, tergantung berdasarkan situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing.

Berikut macam-macam polusi yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dikutip dari bakrie.ac.id dan laman Lindungihutan, Selasa (28/11/2023).

2 dari 4 halaman

Macam Polusi di Kehidupan Sehari-hari

1. Polusi Air

Polusi air atau pencemaran air adalah bercampurnya zat pencemar dan air, melalui sungai, pantai, danau, dan air tanah, yang mengakibatkan kualitas air menurun.

Polusi air dapat terjadi karena adanya aktivitas manusia yang membuang polutan secara langsung atau tidak langsung. Polutan ini bisa berasal dari limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah industri, dan limbah pertambangan.

Air merupakan aspek penting di kehidupan. Ketika kualitas air turun atau rusak, ini akan sangat berdampak bagi kehidupan segala pihak.

Dengan air yang tercemar, kondisi ini berdampak bagi tubuh manusia karena manusia membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti untuk minum, masak, mandi, dan sebagainya.

2. Polusi Udara

Pencemaran udara adalah pencemaran yang tercipta di udara karena masuknya bahan pencemar di atas batas normal.

Ada beberapa polutan yang meliputi zat-zat yang bercampur dengan udara, yaitu sulfur oksida (SOx), karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx) dan hidrokarbon.

Udara merupakan faktor penting bagi semua pihak yang terlibat. Namun, terkadang orang kurang peduli dan tidak menyadarinya.

3. Polusi Cahaya

Polusi atau pencemaran cahaya adalah suatu peristiwa yang disebabkan oleh cahaya yang berlebihan yang memengaruhi kesehatan dan kenyamanan makhluk hidup di ekosistem.

Hal ini disebabkan umumnya berasal dari gedung-gedung tinggi di kota-kota besar. Polusi cahaya tidak hanya berasal dari bangunan, tetapi juga dari papan reklame atau billboard pabrik (megatron) bahkan lampu jalan sekalipun.

Sinar UV yang sebenarnya merupakan hasil alami dari matahari juga dapat dikategorikan sebagai polusi cahaya karena dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Selain itu, sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan luka bakar dan, yang lebih berbahaya, yakni kanker kulit.  

3 dari 4 halaman

Macam Polusi di Kehidupan Sehari-hari

4. Polusi Suara

Kebisingan dan kebisingan pasti mengganggu indra pendengaran. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai polusi atau pencemaran suara. Saat ini khususnya di kota-kota maju dan metropolitan seperti Jakarta, kebisingan sering terdengar terus-menerus setiap hari.

Polusi suara seperti klakson mobil, sirene, konser musik, pesawat terbang, jet tempur, suara mesin di pabrik, dan lain-lain telah menjadi makanan sehari-hari masyarakat dan sebenarnya merupakan jenis polusi.

5. Polusi Tanah

Polusi atau pencemaran tanah adalah masuknya bahan pencemar secara langsung atau tidak langsung ke dalam tanah. Jika polutan ini masuk ke tanah secara langsung, tanah yang terkontaminasi melepaskan zat beracun ke udara.

Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya limbah industri yang dibuang ke sungai, hujan asam, limbah medis yang dibuang sembarangan, membuang cat, minyak atau oli ke tempat terbuka, dan sebagainya.

Polusi yang terjadi akibat adanya pencampuran bahan kimia beracun yang masuk ke lapisan tanah dapat menyebabkan perubahan struktur tanah dan kontaminasi air tanah atau air sumur kota.

6. Polusi Panas

Polusi panas bisa disebabkan karena kegiatan manusia atau proses alam. Contohnya, temperatur udara menjadi berubah karena kendaraan umum yang padat, dan aktivitas industri.

Perubahan temperatur juga bisa terjadi karena proses alam, seperti karena adanya pergerakan angin, sehingga membuat suhu udara naik.

4 dari 4 halaman

Macam Polusi di Kehidupan Sehari-hari

7. Polusi Logam Berat

Polusi logam berat biasa dijumpai di daerah pesisir pantai. Penyebabnya bisa berasal dari limbah pabrik, limbah rumah tangga, dari sektor pertanian, budidaya perikanan, dan pelayaran.

8. Polusi Radioaktif

Polusi radioaktif atau pencemaran radioaktif adalah kondisi di mana adanya kerusakan yang disebabkan oleh kegiatan industri nuklir, seperti pembangkit nuklir dan pengembangan senjata nuklir.

9. Polusi Visual

Polusi visual adalah kondisi di mana tata ruang suatu daerah yang kurang tepat. Contoh polusi visual seperti pembangunan monumen yang tidak terlalu penting, papan iklan yang terlalu banyak di pinggir jalan, kabel listrik yang tidak beraturan, dan tumpukan sampah yang terletak di pinggir jalan.

 

Sumber: bakrie.ac.id, Lindungihutan

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer