Sukses


9 Manfaat Biji Durian bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Bola.com, Jakarta - Durian merupakan buah tropis berwarna kuning yang terkenal dagingnya lembut dan memiliki aroma serta rasanya yang lezat.

Ketika menikmati buah durian, tidak sedikit dari kita yang langsung membuang bijinya. Namun, siapa sangka, biji durian memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Biji durian mengandung nutrisi penting seperti serat, protein, lemak sehat, dan mineral seperti tembaga, mangan, dan zat besi. Selain itu, biji durian kaya akan antioksidan.

Jadi, untuk kamu penggemar buah durian, jangan langsung membuang biji durian begitu saja karena ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh!

Berikut sembilan manfaat biji durian bagi kesehatan yang jarang diketahui orang, Kamis (1/2/2024).

2 dari 4 halaman

Manfaat Biji Durian bagi Kesehatan

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Biji durian memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, satu di antaranya adalah dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Biji durian mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, biji durian kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi biji durian secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Mencegah Radikal Bebas

Biji durian yang sering diabaikan, sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Satu di antaranya adalah kemampuannya dalam mencegah radikal bebas.

Biji durian mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan efek buruk radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, dan juga melindungi tubuh dari penyakit tertentu seperti kanker.

Mengonsumsi biji durian dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dalam melawan berbagai macam penyakit.

3. Cegah Hipertensi

Biji durian ternyata tidak hanya menjadi limbah sisa buah yang kita konsumsi. Biji durian memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Satu di antara manfaat biji durian yang penting adalah kemampuannya untuk mencegah hipertensi.

Biji durian mengandung kalium yang tinggi, mineral ini memiliki efek positif terhadap tekanan darah.

Dengan mengonsumsi biji durian secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah peningkatan tekanan darah yang dapat berakibat fatal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Biji Durian bagi Kesehatan

4. Memperkuat Otot

Durian, buah dengan daging yang kaya akan nutrisi, memiliki biji yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji durian mengandung zat besi, fosfor, dan kalsium yang baik untuk memperkuat otot.

Kandungan zat besi dalam biji durian dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah, yang nantinya akan membantu meningkatkan suplai oksigen ke otot.

5. Jaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji durian memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Satu di antara manfaatnya adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Biji durian mengandung kalsium dan fosfor yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium membantu memperkuat tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis. Sementara fosfor berperan dalam membantu penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga dengan baik.

Mengonsumsi biji durian secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah risiko terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang dan gigi.

6. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Biji durian ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Biji durian kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

4 dari 4 halaman

Manfaat Biji Durian bagi Kesehatan

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Biji durian, yang sering diabaikan oleh banyak orang, memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Satu di antara manfaatnya adalah untuk menjaga sistem pencernaan.

Biji durian mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu dalam proses pencernaan makanan. Selain itu, biji durian mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam saluran pencernaan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan tersebut juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan seperti peradangan atau kanker usus.

8. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya dari biji durian yakni dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Manfaat tersebut didapat berkat kandungan kalium yang tinggi dalam biji durian. Kalium dapat mengurangi ketegangan yang terjadi di dinding pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, makanan yang mengandung kalium dapat membantu mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urine.

9. Sumber Energi dan Tenaga

Berdarkan hasil penelitian, perbandingan komposisi karbohidrat biji durian dengan bahan pangan lain juga menarik.

Kandungan karbohidrat biji durian yang mencapai 46,2 persen ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan singkong yang memiliki karbohidrat sekitar 34,7 persen, dan juga ubi jalar yang memiliki karbohidrat sekitar 27,9 persen.

Kekayaan karbohidrat ini memberikan peluang besar untuk memanfaatkan biji durian sebagai bahan baku pangan yang kaya akan sumber energi.

 

Yuk, baca kumpulan artikel kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer