Sukses


Pengertian Descriptive Text, Ketahui Struktur, Ciri, dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Descriptive text adalah satu di antara jenis teks yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu hal, tempat, orang, atau benda.

Descriptive text umumnya menggunakan bahasa yang deskriptif dan detail untuk menggambarkan karakteristik atau ciri-ciri dari objek yang dibahas.

Informasi yang disajikan dalam teks ini bisa berupa bentuk, warna, ukuran, tekstur, dan juga keadaan umum dari objek tersebut.

Tujuan utama dari descriptive text adalah untuk memberikan pemahaman yang jelas dan gamblang kepada pembaca mengenai objek yang dibahas sehingga pembaca dapat memiliki gambaran yang jelas dan detail tentang hal tersebut.

Descriptive text sering digunakan dalam penulisan laporan, deskripsi tempat wisata, atau deskripsi karakter di dalam sebuah cerita.

Itulah sedikit penjelasan tentang descriptive text. Untuk menambah ilmu atau wawasan tentang descriptive text, tidak ada salahnya mempelajarinya melalui rangkuman di bawah ini, Rabu (28/2/2024).

2 dari 4 halaman

Struktur Descriptive Text

Descriptive text memiliki dua struktur, yaitu identification (pendahuluan) dan description (penjabaran). Berikut penjelasannya:

  • Identification (Pendahuluan)

Identification berisi perkenalan atau penjelasan tokoh utama yang akan dideskripsikan. Bagian ini terletak pada paragraf pertama. Tokoh dapat berupa orang, objek, tempat, ataupun peristiwa.

  • Description (Penjabaran)

Bagian description berisi penjelasan secara jelas dan khusus tentang ciri- ciri, sifat, kebiasaan atau hal-hal lain yang berkaitan dengan objek yang akan dideskripsikan.

3 dari 4 halaman

Ciri Descriptive Text

  • Simple Present

Ketika mendeskripsikan suatu hal, biasanya kalimatnya tidak terikat dengan referensi waktu. Maka, tenses yang digunakan adalah simple present tense, yaitu tenses yang menggunakan kata kerja bentuk pertama (V1).

  • Nouns dan Noun Phrases

Ketika mendeskripsikan suatu hal, umumnya akan ada noun (kata benda) dan noun phrase (frase kata benda). Kata benda umumnya terdiri satu kata, sedangkan noun phrase merupakan kata benda beserta modifiernya.

  • Adjectives

Untuk menjelaskan atau mendeskripsikan objek, kita bisa menggunakan adjectives atau kata sifat. Kata sifat ini bisa juga dijadikan modifier dalam noun phrase.

  • Relating Verbs

Relating verb (copula) adalah kata yang diposisikan untuk menjadi kata kerja dan berfungsi menghubungkan antara subjek dan penjelasan mengenai subjek tersebut.

Contoh relating verb yang biasa digunakan ialah is, are, have, has, seem, appear, mean, become, dan lain-lain.

  • Action Verbs

Action verbs merupakan verb yang menunjukkan tindakan. Biasanya verb jenis ini digunakan ketika mendeskripsikan benda hidup.

Contoh action verbs adalah run, walk, see, listen, eat, dan lain-lain.

  • Adverbials

Adverbial merupakan kata atau frase yang menerangkan verb. Biasanya adverbial digunakan ketika obyek yang dideskripsikan adalah benda hidup.

4 dari 4 halaman

Contoh Descriptive Text

Merlion Park

It is located on Fullerton Road, Singapore. Spotting this symbol of Singapore is easy when you are near Fullerton Road. It is 8.6 meters in height and 70 tonnes in weight, the Merlion statue has a lion's head and a fish's body and calls this 2,500 square-meter- park home.

The large figure of the Merlion with water pouring out of its mouth and fish scales on its body is symbolic of Temasek, the name Singapore was known for in ancient times. The majestic, fearsome head also recalls the legend of Sang Nila Utama, who first spotted a lion on the island and gave Singapore its name.

The statue was relocated 120 meters away from its original position in 2002 to where it stands in Merlion Park today, in front of the Fullerton Hotel and facing Marina Bay.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer