Sukses


7 Hadis tentang Hari Kiamat yang Perlu Dicermati

Bola.com, Jakarta - Hari kiamat adalah sebuah konsep dalam agama Islam yang menandakan akhir dari kehidupan dunia ini, di mana seluruh makhluk hidup di dunia akan binasa.

Pada hari kiamat, semua dosa dan kebaikan yang telah dilakukan oleh individu akan ditimbang dan dijadikan dasar untuk menentukan takdir mereka di akhirat.

Hari kiamat akan datang secara tiba-tiba tanpa ada yang mengetahui waktu pastinya, kecuali Allah Swt.

"Orang-orang bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang hari kiamat. Katakanlah bahwa pengetahuan tentang hal itu hanya ada di sisi Allah. Tahukah engkau, boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat." (QS. Al Ahzab: 63)

Menurut ajaran Islam, tanda-tanda akan datangnya hari kiamat telah diberikan oleh Allah Swt. melalui hadis-hadis Rasulullah saw.

Berikut tujuh hadis tentang hari kiamat yang perlu dicermati umat muslim, Kamis (7/3/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Kiamat

Hadis tentang Hari Kiamat (1)

"Kiamat tidak akan terjadi hingga waktu terasa berjalan cepat; setahun seperti sebulan, sebulan seperti sepekan, sepekan seperti sehari dan sehari seperti sesaat, seperti cepatnya pelepah kurma yang kering terbakar." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Hari Kiamat (2)

"Demi Allah Swt.! Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul 20 orang pendusta, yang diakhiri oleh pendusta bermata satu (Dajal)." (HR. Ahmad)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Kiamat

Hadis tentang Hari Kiamat (3)

"Kiamat tidak akan terjadi hingga muncul para pendusta. Jumlah mereka kurang lebih 30 orang dan seluruhnya mendakwakan diri bahwa mereka adalah Rasulullah (utusan Allah)." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Hari Kiamat (4)

"Aku melihat Rasulullah saw. mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari Tengah yang dirapatkan, seraya berkata: Aku diutus sedangkan jarak antaraku dan kiamat seperti dua jari ini." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Hari Kiamat (5)

"Hari kiamat tidak akan terjadi, hingga dua kelompok berperang. Pembunuhan besar-besaran akan berlangsung dan mereka berperang dengan tuntutan yang sama." (HR. Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Hari Kiamat

Hadis tentang Hari Kiamat (6)

"Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim)

Hadis tentang Hari Kiamat (7)

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan." (HR Abu Daud)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer