Sukses


Apa Itu Kalimat Definisi? Ketahui Ciri, Jenis, dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Kalimat definisi adalah satu di antara jenis kalimat yang dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kalimat definisi adalah kalimat yang digunakan untuk memberikan definisi atau penjelasan suatu objek, benda, kejadian, atau konsep secara terperinci dan konkret kepada pembaca atau pendengar.

Pada intinya, kalimat definisi membantu pembaca untuk lebih mengetahui dan memahami istilah tertentu yang muncul dalam sebuah tulisan.

Dalam kalimat definisi, biasanya terdapat kata-kata yang digunakan untuk mendefinisikan, seperti "adalah", "merupakan", "didefinisikan sebagai", "ialah", "yaitu", dan lain-lain.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu kalimat definisi. Berikut ini rangkuman tentang kalimat definisi yang menambah ilmu atau wawasan, Senin (22/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ciri Kalimat Definisi

  • Diakhiri dengan tanda titik di akhir kalimat.
  • Menggunakan kata sambung, seperti "adalah", "merupakan", "didefinisikan sebagai", "ialah", "yaitu", dan lain-lain.
  • Makna dari objek yang di definisikan bersifat penjelasan umum.
  • Susunan kalimat tidak memengaruhi makna dari objek yang didefinisikan.
  • Penjelasan tidak menggunakan kata kiasan.
  • Biasanya ditemukan pada laporan yang bersifat ilmiah untuk memberikan fakta.
3 dari 4 halaman

Jenis Kalimat Definisi

  • Definisi Nominal

Berdasarkan situs Stanford Encyclopedia of Philosophy, definisi nominal adalah definisi yang menjelaskan arti suatu istilah yang berisi informasi cukup untuk memberikan pemahaman tentang istilah tersebut.

  • Definisi Paradigmatis

Menurut Pamela S. Maykut dan Richard Morehouse dalam Beginning Qualitative Research: A Philosophic and Practical Guide (1994), paradigma adalah seperangkat asumsi yang menyeluruh dan saling berhubungan tentang sifat realitas.

Kalimat definisi paradigmatis adalah kalimat yang bersisi nilai-nilai yang dipandang seseorang dan bertujuan untuk memengaruhi pembacanya.

  • Definisi Luas

Kalimat definisi luas merupakan kalimat yang menjelaskan suatu objek secara umum dan dapat diterima oleh masyarakat luas.

Kalimat definisi luas biasanya bersisi fakta yang singkat, pada, jelas, dan aktual.

  • Definisi Formal

Kalimat definisi formal berisi kalimat penjelasan yang dusun berdasarkan logika yang dapat diterima karena sesuai dengan yang berlaku di masyarakat.

Kalimat definisi formal disebut juga dengan definisi terminologis, yang tidak mengandung perumpanan dan memiliki dua makna atau menggabungkan dua frasa.

  • Definisi Operasional

Definisi operasional yakni kalimat definisi yang berisi pedoman untuk melakukan sesuatu.

Kalimat definisi operasional merupakan kalimat berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu.

4 dari 4 halaman

Fungsi Kalimat Definisi

  • Menghindari Ambiguitas

Satu di antara fungsi utama kalimat definisi adalah menghindari ambiguitas dalam komunikasi. Dalam bahasa sehari-hari, banyak kata memiliki lebih dari satu makna.

Dengan memakai kalimat definisi, seseorang dapat memastikan bahwa pendengar atau pembaca memahami makna yang dimaksud.

  • Pembelajaran

Kalimat definisi sering digunakan dalam konteks pembelajaran. Guru atau penulis dapat memberikan definisi kata-kata yang sulit dipahami untuk membantu siswa atau pembaca memahami materi dengan lebih baik.

  • Klarifikasi Konsep

Dalam sastra dan penulisan ilmiah, kalimat definisi digunakan untuk mengklarifikasi konsep yang kompleks. Ini membantu pembaca memahami ide-ide yang disajikan dalam teks.

  • Penelitian Ilmiah

Dalam penelitian ilmiah, kalimat definisi sering digunakan untuk mendefinisikan istilah teknis atau konsep yang relevan dengan topik penelitian. Ini membantu dalam menjelaskan metodologi penelitian dan temuan.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer