Sukses


Apa Itu Kewirausahaan? Pahami Tujuan, Sifat, Manfaat, dan Konsepnya

Bola.com, Jakarta - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, kewirausahaan diartikan sebagai "semangat, usaha, dan kegiatan yang berkaitan dengan wirausaha".

Sementara itu, Joseph Schumpeter, seorang ekonom ternama, mendefinisikan kewirausahaan sebagai "proses kreatif yang menghancurkan tatanan ekonomi lama dan menciptakan tatanan ekonomi baru".

Kewirausahaan bukan hanya tentang memulai bisnis, tetapi juga tentang mengubah dan menciptakan nilai melalui ide-ide segar dan kreatif.

Ada individu-individu visioner, wirausahawan, yang berani mengambil risiko dan menggerakkan roda perekonomian.

Dari pemaparan di atas bisa disimpulkan kewirausahaan adalah proses menciptakan nilai baru melalui pengenalan produk, layanan, atau model bisnis yang inovatif.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu kewirausahaan. Berikut rangkuman tentang kewirausahaan yang bisa menambah ilmu atau wawasan, Jumat (14/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tujuan Kewirausahaan

  • Menumbuhkan Jumlah Wirausaha Baru

Kewirausahaan pada akhirnya akan membuahkan kegiatan bisnis dari peluang-peluang yang ada. Jika bisnis tersebut terbilang sukses, kegiatan itu akan memerlukan tambahan tenaga kerja agar bisnis tersebut berjalan lancar.

Jika tenaga kerja bisa dibina dengan benar, mereka nantinya bisa menjadi wirausahawan-wirausahawan baru. Bahkan, bisa jadi mereka bisa menjadi wirausaha yang lebih berkualitas karena sudah ditempa dengan pengalaman di kesempatan kerja sebelumnya.

  • Memotivasi Masyarakat

Kesuksesan aktivitas kewirausahaan seseorang bisa saja menggugah individu lain untuk meraih keberhasilan yang sama.

Jika semangat itu tersebar terus-menerus di masyarakat, bukan tidak mungkin akan tercipta wirausahawan-wirausahawan baru yang mampu menemukan peluang bisnis yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Makin banyak wirausahawan baru maka jumlah bisnis pun makin banyak. Jika jumlah pelaku bisnis makin banyak maka makin banyak pula mereka mampu menyerap tenaga kerja di masyarakat.

  • Menciptakan Solusi bagi Masalah di Masyarakat

Satu di antara ciri kewirausahaan adalah mampu melihat peluang bisnis yang ada di masyarakat. Kadang, peluang itu muncul setelah sang wirausahawan ingin mencari solusi bagi masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya.

Itulah mengapa, dengan kewirausahaan, sang wirausahawan tidak hanya mendapatkan laba, tetapi juga berhasil menciptakan solusi bagi isu-isu yang terjadi di lingkungannya. Hal itu pun nantinya bisa memperbaiki kualitas hidup masyarakat secara umum.

3 dari 5 halaman

Sifat Kewirausahaan

Menurut Mulyadi (2011) dalam buku Kewirausahaan oleh Abdurrozzaq Hasibuan dkk, sifat-sifat seorang wirausaha dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah sikap dalam keyakinan seseorang untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugasnya.

Kepercayaan diri berpengaruh pada gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja keras, dan kegairahan berkarya.

  • Berorientasi pada Tugas dan Hasil

Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang memiliki nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik, dan berinisiatif.

  • Keberanian Mengambil Risiko

Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko merupakan satu di antara nilai utama dalam kewirausahaan.

Keberanian menanggung risiko dan kemampuan untuk mengambil risiko ditentukan oleh keyakinan diri serta kesediaan untuk menggunakan kemampuan.

  • Kepemimpinan

Seorang wirausaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan. Kepemimpinan wirausahawan mempunyai sifat-sifat kepeloporan, keteladanan, tampil berbeda, mampu berpikir divergen dan konvergen.

  • Keaslian

Keaslian mempunyai unsur-unsur inovatif, kreatif, dan fleksibel. Keinovasian adalah kemampuan untuk bertindak yang baru dan berbeda, sedangkan kreativitas merupakan keterampilan untuk berpikir ide baru.

  • Berorientasi ke Masa Depan

Berorientasi ke masa depan adalah perspektif, selalu mencari peluang, tidak cepat puas dengan keberhasilan, dan berpandangan jauh ke depan.

Kepribadian wirausaha tercermin dalam kreativitas, disiplin diri, kepercayaan diri, keberanian menghadapi risiko, dan dorongan dari kemauan yang kuat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kewirausahaan

  • Membuka Lapangan Kerja Baru

Ketika seseorang sudah memiliki sebuah usaha yang cukup besar maka untuk memajukannya dibutuhkan karyawan tambahan agar dapat memenuhi pesanan.

Dengan kewirausahaan, bisa membuka lapangan kerja baru sehingga dapat membantu menyejahterakan masyrakat.

  • Berperan dalam Pertumbuhan Ekonomi

Kewirausahaan akan selalu berkaitan dengan ekonomi maka ketika sudah berwirausaha, secara langsung sudah berperan dalam pertumbuhan ekonomi, baik itu dalam skala daerah atau nasional.

  • Bisa Memiliki Usaha Sesuai Bidang yang Disukai

Bekerja sesuai bidang yang disuka pastinya akan sangat senang dan mendapatkan penghasilan.

Dengan berwirausaha, bidang yang disukai bisa menjadi sebuah usaha, seperti seseorang yang suka masak bisa memiliki warung makan.

  • Mengetahui Hal-Hal yang Sedang Tren

Manfaat berikutnya dari kewirausahaan adalah bisa mengetahui hal-hal yang sedang tren sehingga tidak ketinggalan informasi terbaru. Terlebih lagi, sebuah usaha akan bisa terus berkembang jika secara terus-menerus ikut tren yang sedang terjadi.

5 dari 5 halaman

Konsep Kewirausahaan

  • Kelincahan (Agility)

Kelincahan atau agility merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu ia bergerak tanpa kehilangan keseimbangan sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dengan segala perubahan zaman.

Kelincahan ini berkaitan erat antara kecepatan dan kemampuan belajar terhadap hal yang baru.

Pandemi yang datang secara tiba-tiba seolah-olah mempercepat kebiasaan hidup kita. Dari sisi wirausaha, seseorang dituntut untuk lincah merespons kondisi ini, baik secara strategi, hasil, dan pasar.

  • Daya Tahan (Eundurance)

Daya tahan atau endurance menyatakan keadaan yang menekankan pada kapasitas kerja secara terus-menerus.

Daya tahan dipengaruhi oleh kelancaran produksi, dan penjualan. Jika produk yang dihasilkan masih dibutuhkan banyak konsumen, dengan sendirinya pemasukan perusahaan akan mengalir terus. Hanya mereka yang memiliki daya tahan tinggi, bisa lolos dari ujian.

  • Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Seorang wirausaha, harus memiliki kecepatan dalam berinovasi untuk melesat maju untuk menjawab tantangan pasar dan secepat apa seorang wirausahawan mampu melaju melebihi pesaingnya.

  • Kelenturan

Kelenturan adalah seseorang yang mampu menyesuaikan kehidupan di manapun tempatnya. Kelenturan menjadi satu di antara faktor yang diperlukan dalam beradaptasi.

Seorang wirausahawan, diharapkan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Di mana pun tempatnya, mampu memaksimalkan potensi ruang yang ada, untuk melakukan proses usaha, tanpa harus mengeluh dengan kondisi tempat yang ada.

  • Kekuatan

Kekuatan atau strength, yaitu suatu kemampuan kondisi fisik manusia yang diperlukan dalam peningkatan prestasi belajar gerak.

Kekuatan merupakan satu di antara unsur kondisi fisik yang penting dalam merespons kegiatan kewirausahaan karena dapat membantu meningkatkan fungsi komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan, dan ketepatan.

Mau jadi yang terdepan atau mampu bertahan dalam pandemi, jika memiliki semua unsur ini dalam diri seorang pelaku usaha maka akan sangat besar kemungkinan untuk bertahan dan memajukan dirinya.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer