Sukses


Persaingan Pichichi La Liga 2023 / 2024: Jude Bellingham Dapatkan Tantangan Keras dari Artem Dovbyk dan Ante Budimir

Bola.com, Madrid - Persaingan di La Liga 2023/2024 tak hanya soal perebutan juara saja. Persaingan untuk memperebutkan gelar top scorer alias Pichichi di musim ini pun tak kalah seru.

Dengan tinggal menyisakan delapan pertandingan, persaingan sebagai pencetak gol terbanyak La Liga musim ini masih terbuka lebar. Kini ada tiga pemain yang sama-sama berada di puncak klasemen Piala Pichichi musim ini.

Ada Jude Bellingham dari Real Madrid, Artem Dovbyk dari Girona FC, dan Ante Budimir dari CA Osasuna masing-masing telah mencetak 16 gol.

Ini adalah perlombaan Pichichi yang paling dekat pada tahap musim ini selama lebih dari dua dekade. Sejak musim 2001/02, tidak pernah ada tiga pemain yang menduduki peringkat Pichichi di fase akhir musim.

Pada musim tersebut, striker Barcelona Patrick Kluivert, pemain Celta Vigo, Catanha dan pemain Real Madrid Fernando Morientes juga sama-sama mencetak 16 gol, hal ini terjadi pada akhir Pekan 31. Anehnya, tidak satupun dari pemain tersebut yang mengangkat trofi individu bergengsi tersebut, karena pemain RC Deportivo Diego Tristan tiba-tiba mengakhiri musim di posisi teratas datar Pichichi.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bukan Striker

Adanya nama Jude Bellingham sebagai salah satu pencetak gol terbanyak sementara La Liga musim 2023/2024 cukup menarik. Sebab, pemain asal Inggris itu bukan seorang striker.

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti juga kerap menempatkan Jude Bellingham di belakang dua striker. Namun, torehan gol Bellingham justru lebih banyak ketimbang penyerang El Real.

Selain itu, Jude Bellingham juga baru menjalani musim perdana di La Liga. Ia diboyong Real Madrid dari Borussia Dortmund pada musim panas 2023.

3 dari 5 halaman

Bisa Terulang

Apa yang terjadi di musim 2001/2002 bisa saja terulang di musim 2023/2024. Sebab, jarak antara pemunucak daftar top scorer dengan pemain di bawahnya cukup dekat.

Striker Getafe, Borja Mayoral bisa sangat mengancam. Mantan penyerang AS Roma itu saat ini mengoleksi 15 gol.

Alvaro Morata dan Alexander Sorloth juga pelan-pelan mengancam. Dua striker berpengalaman itu sejauh ini sudah mencetak 14 gol.

Jangan lupakan striker senior, Robert Lewandowski. Penyerang andalan Barcelona itu sudah mencetak 13 gol di La Liga musim ini.

4 dari 5 halaman

Pencetak Gol Terbanyak La Liga 2023/2024*

  • 1. Jude Bellingham (Real Madrid), Ante Budimir (Osasuna), dan Artem Dovbyk (Girona): 16 gol
  • 2. Borja Mayoral (Getafe): 15 gol
  • 3. Alexander Sorloth (Villarreal) dan Alvaro Morata (Atletico Madrid): 14 gol
  • 4. Robert Lewandowski (Barcelona) dan Gorka Guruzeta (Athletic Bilbao): 13 gol
  • 5. Vinicius Jr (Real Madrid), Hugo Duro (Valencia): 12 gol

*Hingga pekan ke-30

5 dari 5 halaman

Persaingan di La Liga 2023/2024

Video Populer

Foto Populer