Sukses


Duel Hegemoni Spanyol Vs Italia di Ajang MotoGP

Bola.com, Valencia - Musim MotoGP 2015 telah memasuki seri pamungkas di GP Valencia, Minggu (8/11/2015). Duel antara Valentino Rossi vs Jorge Lorenzo dipastikan akan menjadi sorotan utama jutaan pasang mata di seluruh dunia. Publik menantikan siapa di antara keduanya yang bakal keluar sebagai juara dunia musim ini.

Berbeda dibanding musim sebelumnya, persaingan perebutan titel di musim ini bertensi tinggi. Hal ini tak lain karena imbas clash yang terjadi di GP Malaysia beberapa waktu lalu antara Rossi dengan Marc Marquez.

Rossi dianggap melakukan manuver berbahaya yang akhirnya membuat the Baby Alien terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan. Akibatnya, Rossi dihukum tiga poin penalti dan bakal menjalani seri terakhir dengan posisi start paling belakang.

Efek yang ditimbulkan sangat besar. Perang kata-kata seusai insiden di Sirkuit Sepang mewarnai berbagai pemberitaan di media massa, termasuk dari Lorenzo yang secara terang-terangan bersikap kontraproduktif terhadap Rossi. Hal tersebut tentu mengejutkan, sebab keduanya merupakan rekan setim di Yamaha.

MotoGP seakan terbelah menjadi tiga kubu, yakni kubu pendukung Rossi, kubu pendukung Marquez dan sisanya memilih netral.

Belakangan, panasnya situasi bukan lagi tentang persoalan pribadi melainkan masalah nasionalisme. Para pebalap berkebangsaan Italia beramai-ramai mendukung Rossi dan menyalahkan Marquez. Tak mau ketinggalan, rider-rider Spanyol pun balas mengkritik Rossi dan membela Marquez.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Spanyol dan Italia merupakan dua negara yang memiliki dominasi kuat di dunia olahraga, termasuk MotoGP.

Seperti dilansir situs resmi MotoGP, kedua negara itu memang selalu bersaing sengit. Spanyol merupakan negara yang paling sering menjuarai seri di kelas MotoGP dengan koleksi 100 kemenangan. Perinciannya, Jorge Lorenzo sebanyak 39 kemenangan, Pedrosa (28), Marc Marquez (24), Sete Gibernau (8), dan Toni Elias (1).

Dominasi Spanyol dibuntuti barisan pebalap Italia dengan 91 kali kemenangan. Rossi tercatat jadi pebalap Negeri Pizza yang paling sering juara dengan membukukan 86 kemenangan.

Duel sengit kedua negara itu pun merambah ke dunia politik, masing-masing pejabat negara menyuarakan dukungan kepada pebalap bangsa mereka.

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy terang-terangan memberikan dukungannya kepada Marquez. Secara tersirat ia juga mengecam aksi Rossi yang dianggap melakukan sesuatu yang tak sportif sehingga menyebabkan Baby Alien jatuh. Di sisi lain, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi lantas membalas dengan menyuarakan dukungannya kepada Rossi.

Kini pertarungan Spanyol vs Italia kembali tersaji di seri terakhir MotoGP, antara Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Lantas siapa yang akan kembali menunjukkan dominasinya di musim ini. Jawabannya ada balapan Minggu nanti.

Video Populer

Foto Populer