Sukses


Inilah Kemewahan Yamaha yang Tak Dimiliki Honda dan Ducati

Bola.com, Jakarta - Mantan pebalap MotoGP, Chris Vermeulen, mengatakan Yamaha punya satu kemewahan yang tak dimiliki sang rival abadi, Honda, menjelang bergulirnya MotoGP 2016.

Menurut pria asal Australia itu, Yamaha memiliki duet pebalap terbaik pada saat ini, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

"Lorenzo merupakan pebalap tercepat di dunia pada saat ini, sedangkan Rossi sangat berpengalaman. Keduanya memberikan banyak informasi penting yang membuat Yamaha lebih unggul dibanding Honda," kata Vermeulen dalam wawancara dengan Speed Week, Minggu (28/2/2016).

Vermeulen tak meragukan kualitas duo Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Hanya, dia menyebut Pedrosa dan Marquez sama-sama memiliki satu kekurangan yang punya pengaruh signifikan terhadap pengembangan motor baru.

"Pedrosa cedera pada musim lalu sehingga tak bisa menyuplai informasi yang cukup buat Honda. Di sisi lain, Marquez yang diharapkan mampu mengisi lubang yang ditinggalkan Pedrosa masih relatif baru di MotoGP dan punya gaya membalap yang berbeda," ujar Vermeulen.

Vermeulen mengklaim Honda semakin tak diuntungkan dengan penerapan regulasi baru soal ECU standar.

"ECU buatan Magneti Marelli ini sangat jauh berbeda dengan elektronik Honda sebelumnya. Teknisi Yamaha dan Ducati pun lebih mudah memahami cara kerjanya ketimbang teknisi Honda," kata Vermeulen.

Karena sudah memahami cara kerja ECU tersebut, Vermeulen memprediksi Ducati akan memberikan ancaman besar buat Yamaha dan Honda pada musim 2016.

"Menurut saya regulasi baru soal ECU membantu Ducati mendekati Yamaha dan Honda. Semua pebalap Ducati kini lebih cepat. Tahun lalu, Dovizioso rajin naik podium dan Iannone beberapa kali tampil impresif. Saat tes pramusim di Sepang, Casey Stoner juga cepat. Hal itu menjadi bukti Ducati punya motor yang kompetitif," tutur Vermeulen.  

Video Populer

Foto Populer