Sukses


Rekor Baru Tercipta di Liga Champions Asia 2015

Bola.com, Kuala Lumpur - Liga Champions Asia (ACL) yang dihelat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) semakin mendapat perhatian pencinta sepak bola. Hal itu dibuktikan dengan data yang dikeluarkan AFC seputar jumlah penonton di turnamen terelite bagi klub profesional di kawasan Asia itu.

Seperti dirilis AFC di situs resmi mereka, jumlah penonton di Liga Champions Asia 2015 hingga saat ini sudah memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Liga Champions Asia. ACL dengan format baru diterapkan sejak 2002, menggantikan format lama, yakni Kejuaraan Klub Asia (Asian Club Championship) dan turnamen Klub Champions Asia (Asian Champion Club Tournament).

Dari 133 pertandingan di ACL 2015 yang meliputi babak play-off, penyisihan grup, dan fase gugur, total penonton mencapai 2,034,841 orang. Bila dirata-rata jumlah penonton yang menyaksikan per pertandingan mencapai 15,299 orang. 

Statistik itu melebihi rekor yang diukir pada ACL 2013. Ketika itu, jumlah penonton mencapai  2,021,025 orang. Padahal, ACL 2015 masih belum tuntas karena saat ini masih memasuki babak perempat final leg kedua. Laga final baru akan dilangsungkan pada 7 dan 21 November 2015. Itu berarti, jumlah penonton di ACL 2015 bisa semakin melampaui rekor lama di ACL 2013.

AFC menjelaskan peningkatan jumlah penonton ini sebenarnya bukanlah suatu kejutan lantaran ACL 2015 memiliki tingkat kompetitif yang tinggi. Sejumlah partai besar sudah dinantikan fans kedua klub yang bentrok. Semisal yang diperlihatkan klub Iran, Persepolis.

Di pertandingan penyisihan Grup A, sebanyak 100 ribu penonton memadati Stadion Azadi, Teheran, Iran, kala Persepolis menjamu lawan, masing-masing Al-Nassr (Arab Saudi) dan Bunyodkor (Uzbekistan).

"Angka yang muncul itu menunjukkan peningkatan minat terhadap Liga Champions Asia. Meski kami senang dengan peningkatan jumlah penonton ini, sebenarnya hal ini bukanlah suatu kejutan. Liga Champions Asia tahun ini memang menjanjikan sejumlah partai menarik. Dan kini, semuanya menanti laga final yang dimainkan 7 dan 21 November nanti," kata Dato’ Windsor John, Plt. Sekjen AFC.

Indonesia terakhir kali tampil di ACL pada 2011, ketika itu Indonesia diwakili Arema Indonesia. Hingga sekarang belum ada lagi klub Indonesia yang turun di Liga Champions Asia karena nilai koefisien kompetisi Indonesia kalah bersaing. Indonesia hanya diberi jatah AFC bermain di turnamen kasta kedua Asia, Piala AFC.

Di AFC 2015 Asia Tenggara diwakili Thailand (Buriram United) dan Vietnam (Becamex Binh Duong). Namun, keduanya kalah bersaing dan langsung rontok di babak penyisihan grup. Juara ACL 2014, Western Sydney Wanderers, juga gagal lolos dari fase penyisihan Grup H sehingga Liga Champions Asia 2015 dipastikan akan memiliki juara baru.

Liga Champions Asia 2015
(Fase play-off, penyisihan grup, dan fase gugur)

Jumlah pertandingan: 133
Total jumlah penonton: 2,034,841
Rata-rata jumlah penonton: 15,299

Liga Champions Asia 2013
Jumlah pertandingan: 129
Total jumlah penonton: 2,021,025
Rata-rata jumlah penonton: 15,667

Baca Juga : 

AFC Keluarkan Putusan, Persipura Jayapura Dinyatakan Kalah WO

Suporter Malaysia Bikin Rusuh, AFC: "Kami Sangat Kecewa"

Tak Difavoritkan di Piala AFC U-23, Thailand - Vietnam Tetap Pede

Video Populer

Foto Populer