Sukses


Peringati Tragedi Heysel, Laga Belgia Vs Italia Akan Berbeda

Bola.com, Brussels - Pemandangan berbeda akan terlihat pada laga persahabatan antara Belgia kontra Italia di Brussel, Sabtu (14/11/2015) dini hari WIB. Nantinya, wasit akan menghentikan laga itu tepat pada menit ke-39 untuk melakukan peringatan Tragedi Heysel.

Bagi pendukung Liverpool dan Juventus, Tragedi Heysel tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pada 29 Mei 1985, tercatat 39 orang meninggal dunia dalam pertandingan final Piala Champions (saat ini bernama Liga Champions) yang mempertemukan wakil Inggris dan Italia tersebut.

Tragedi tersebut diawali oleh saling ejek suporter kedua tim yang membuat sekelompok hooligan Liverpool langsung menerobos pembatas masuk wilayah tifosi Juventus. Alhasil, bentrokan pun tak terhindarkan dan membuat tribun stadion Heysel runtuh dan menimpa para penonton.

Total 39 orang meninggal dunia dan sedikitnya 600 lainnya luka-luka. Oleh sebab itu, laga Belgia kontra Italia akan dijadikan momentum untuk memperingati tragedi terburuk dalam sejarah sepak bola dunia.

Menurut laporan ESPN, wasit akan menghentikan sejenak laga pada menit ke-39. Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama korban yang meregang nyawa pada tragedi tersebut.

Peringatan khusus juga akan digelar oleh skuat Gli Azzurri. Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Carlo Tavecchio dan sejumlah perwakilan dari Juventus serta perwakilan keluarga korban akan meletakkan karangan bunga di tribun Z stadion yang bermarkas di kota Brussels itu.

Timnas Italia juga akan mempensiunkan seragam dengan  nomor punggung 39. Hal itu dilakukan untuk menghormati korban yang gugur di stadion yang kini bernama King Baudouin Stadium tersebut.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer