Sukses


5 Klub yang Memiliki Basis Penggemar Twitter, Facebook, dan Instagram Terbanyak di Dunia: Kalian Memang Hebat Real Madrid dan Barcelona!

Bola.com, Jakarta - Sepak bola adalah olahraga tim paling populer di dunia dengan jumlah penikmat yang amat berlimpah. Piala Dunia, yang merupakan turnamen termegah dan paling bergengsi, menarik total 3,572 miliar penonton pada tahun 2018, yang berarti lebih dari setengah populasi global berusia empat tahun ke atas.

Berkat kemudahan akses siaran langsung sepak bola di seluruh dunia, popularitas sepak bola terus meningkat selama dekade terakhir. Beberapa nama besar di klub sepak bola memiliki pasukan pendukung yang taat jauh di luar negara asal mereka.

Terlepas dari sifat permainan modern yang berorientasi pada uang, penggemar tetap menjadi aspek terpenting dari sepak bola. Klub sekarang menggunakan media sosial untuk mendapatkan pendukung baru.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak pendukung yang dimiliki klub sepak bola, platform media sosial menyediakan metrik yang cukup masuk akal dalam mengukur popularitas klub. Di sini, kami melihat lima klub sepak bola paling didukung di dunia saat ini, berdasarkan pengikut media sosial. Penghitungan dilakukan hingga 21 September 2020 di Facebook, Twitter dan Instagram.

2 dari 7 halaman

Chelsea (86,8 Juta Penggemar)

Pengoleksi lima gelar Premier League berada di posisi kelima dalam daftar. Sebuah kejutan bisa mengungguli Manchester City, Paris Saint-Germain, Bayern Munchen, dan Liverpool.

The Blues muncul sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan di papan atas Inggris dua dekade terakhir. Sejak saat itu, mereka telah menambah 19 trofi ke dalam koleksinya, termasuk kemenangan Liga Champions di musim 2011-12.

Meskipun mereka telah kehilangan beberapa pemain bintang mereka seperti Eden Hazard dan Willian selama dua musim terakhir, di bawah asuhan Frank Lampard The Blues sedang mengalami kebangkitan. Mereka telah menambahkan banyak pemain muda dan bertalenta ke dalam barisan mereka.

Inilah cara 86,8 juta basis penggemar kuat mereka didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 48,3 juta penyuka
  • Twitter: 15,1 juta pengikut
  • Instagram: 23,4 juta pengikut
3 dari 7 halaman

Juventus (96,6 Juta Penggemar)

Juventus adalah klub terbesar di Serie A saat ini. Dominasi mereka di liga domestik terbukti dari scudetto kesembilan berturut-turut mereka di musim 2019-2020.

Mereka sangat diuntungkan dengan kedatangan Cristiano Ronaldo pada 2018, baik di dalam maupun di luar lapangan. Bintang asal Portugal itu adalah salah satu tokoh olahraga paling populer di dunia, dan memiliki ia dtelah makin dorongan pertumbuhan penggemar Nyonya Tua yang sejatinya jumlahnya sudah sangat berlimpah.

Klub telah gagal untuk mereplikasi kesuksesan domestik mereka di Liga Champions. Suporter tidak akan senang dengan kenyataan bahwa mereka bahkan belum bisa mencapai semifinal dalam tiga kampanye sebelumnya.

Inilah cara 96,6 juta pendukung mereka didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 42,5 juta penyuka
  • Twitter: 11,3 juta pengikut
  • Instagram: 42,8 juta pengikut
4 dari 7 halaman

Manchester United (135,8 Juta Pengikut)

Ketika berbicara tentang klub sepak bola paling didukung di dunia, Manchester United adalah salah satu nama pertama yang terlintas di benak. Klub ini memiliki warisan yang kaya, dan banyak pemain legendaris yang mentas di klub ini dari masa ke masa.

Meski Setan Merah belum menikmati kesuksesan yang sama sejak kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013, popularitas mereka sama sekali tidak tergerus. Mereka baru-baru ini mendukung survei di seluruh dunia yang dilakukan oleh Kantar Media yang mengungkapkan bahwa klub tersebut memiliki basis penggemar sebesar 1,1 miliar di seluruh dunia.

Meskipun klub tersebut jelas memiliki basis penggemar yang besar, angka 1,1 miliar tampaknya sedikit dibuat-buat. Survei tersebut hanya menunjukkan kepada kita alasan lain mengapa hampir tidak mungkin untuk memberikan ukuran yang akurat dari pengikut klub mana pun.

United memang memiliki lebih dari 100 juta pengikut di media sosial, dan itu adalah prestasi yang luar biasa.

Begini cara 135,8 juta pendukung mereka didistribusikan di seluruh media sosial:

  • Facebook: 73,2 juta penyuka
  • Twitter: 25,7 juta pengikut
  • Instagram: 36,9 juta pengikut
5 dari 7 halaman

Barcelona (254,7 Juta Penggemar)

Luar biasa. Barcelona memiliki hampir dua kali lipat jumlah suporter dunia maya daripada Manchester United.

Tim Catalan selalu menikmati banyak dukungan dari para penggemar karena mereka selalu memiliki beberapa pemain terbaik dunia dalam barisan skuat  mereka. Barcelona punya Lionel Messi salah satu pemain terhebat sepanjang masa yang menjadi ikon klub.

Beberapa perkiraan menyebutkan jumlah total pendukung klub sekitar 500 juta, tetapi sekali lagi tanpa bukti kuat untuk mendukung jumlah itu. Meskipun kami belum memasukkan pengikut TikTok di akun kami, klub Spanyol memimpin tangga lagu dalam hal pendukung di aplikasi berbagi video.

Selama Messi bersama klub, pendukung akan terus bertumbuh.

Inilah cara 254,7 juta pendukung mereka didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 103,1 juta penyuka
  • Twitter: 61,8 juta pengikut
  • Instagram: 89,8 juta pengikut
6 dari 7 halaman

Real Madrid (259,1 Juta Penggemar)

Real Madrid masuk kelas bangsawan dalan hal klub sepak bola. Mereka adalah klub tersukses dalam sejarah Liga Champions, dan selalu merekrut beberapa talenta terbesar di Eropa.

El Real telah mempertahankan statusnya sebagai klub sepak bola paling berharga di atas rival Barcelona. Mereka juga tetap menjadi klub sepak bola terbesar di dunia, karena memiliki pendukung terbanyak di seantero bumi.

Hengkangnya pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo dan kini Gareth Bale sepertinya tidak mempengaruhi popularitas mereka sama sekali. Kemenangan La Liga mereka musim lalu telah memastikan bahwa mereka terus memperluas basis penggemar mereka.

Beginilah 259,1 juta pendukung mereka didistribusikan di media sosial:

  • Facebook: 111 juta penyuka
  • Twitter: 56,8 juta pengikut (di semua akun twitter)
  • Instagram: 91,4 juta pengikut

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Pesepakbola dengan gol Tendangan Bebas Terbanyak

Video Populer

Foto Populer