Sukses


Wayne Rooney dan 3 Striker Paling Tajam Sepanjang Sejarah Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Inggris menjadi salah satu negara yang menjadi kiblat sepak bola dunia, baik di level kompetisi profesional hingga timnas. Negara satu ini intens melahirkan bintang-bintang besar.

Di level timnas, Inggris bahkan selalu menjadi salah satu favorit di setiap kompetisi yang diikutinya.

Wajar saja, karena Timnas Inggris selalu dihiasi pemain-pemain kelas dunia yang telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik yang ada. Namun, sangat disayangkan meskipun selalu diunggulkan, timnas Inggris masih belum membawa piala setelah terakhir kali menjadi juara dunia tahun 1966.

Setelahnya slogan “Football’s Coming Home” yang selalu bergema di setiap kompetisinya selalu berakhir dengan “Football’s (Not) Coming Home”. Padahal melihat komposisinya Inggris begitu kuat dari belakang hingga depan. Di sektor penyerangan, Inggris memiliki nama-nama top dan kini masih terus berlanjut dalam diri Harry Kane.

Striker yang terus melejit bersama Tottenham tersebut begitu moncer tampil di timnas Inggris, dan kini telah mencetak 32 gol dari 48 laganya. Patut ditunggu kiprah Harry Kane selanjutnya apakah bisa meraih piala atau hanya bisa masuk di daftar pencetak gol terbanyak timnas.

Sebelumnya, Timnas Inggris memiliki banyak nama beken di sektor penyerangan salah satunya adalah Wayne Rooney yang mencatatkan dirinya sebagi top skorer The Three Lions.

Bersama Rooney, berikut empat daftar pencetak gol terbanyak Timnas Inggris.

2 dari 6 halaman

Jimmy Greaves: 44 Gol

Sudah lama sekali Timnas Inggris merasakan rasanya mengangkat trofi Piala Dunia yang kala itu pernah diraih tahun 1966. Salah satu alasan timnas Inggris bisa meraih trofi tersebut berkat strikernya, Jimmy Greaves yang begitu tajam di depan gawang.

Jimmy Greaves pun masuk ke dalam jajaran pencetak gol terbanyak Inggris dan menjadi bagian dari skuad juara dunia. Selama karirnya Greaves memiliki 57 caps di timnas dengan raihan 44 gol.

Greaves juga dikenal sebagai striker tangguh di kompetisi liga dan peraih enam kali gelar top scorer di liga. Puncak gelontoran golnya diraih pada musim 1960-1961 dengan 41 gol ketika membela Tottenham Hotspur.

3 dari 6 halaman

Gary Lineker: 48 Gol

Selain dikenal sebagai pemain bersih yang tidak pernah mendapatkan kartu kuning sepanjang karirnya, Lineker juga merupakan bomber andalan timnas Inggris di dua edisi Piala Dunia dan dua edisi Piala Eropa.

Lineker memiliki catatan impresif sebagai striker timnas, dari 80 caps Lineker berhasil menyalip Jimmy Greaves lewat 48 golnya. Gary Lineker juga sempat menjadi top skorer di ajang piala dunia tahun 1986 dengan enam golnya.

Di samping performa apiknya, Lineker menjadi pemain yang gagal meraih trofi bergengsi bersama timnas Inggris, begitu juga di kompetisi liga. Bersama Tottenham, Lineker hanya meraih satu FA Cup dan satu piala Super Cup. Sedangkan trofi liga dia dapat bukan di Inggris, namun di Spanyol ketika memenangkan La Liga musim 1987-1988 bersama Barcelona.

4 dari 6 halaman

Sir Bobby Charlton: 49 Gol

Piala Dunia 1966 menjadi salah satu generasi emas yang pernah dimiliki Timnas Inggris. Selain Jimmy Greaves, Inggris juga memiliki playmaker tajam Sir Bobby Charlton yang sepanjang karirnya di timnas mampu mencetak 49 gol dari 106 penampilannya.

Selain trofi Piala Dunia, di tahun yang sama Sir Bobby Charlton mampu meraih gelar Ballon d’Or 1966, dilanjutkan trofi Liga Champions di musim berikutnya bersama Manchester United. Sir Bobby Charlton tampil begitu trengginas semasa karirnya dan memiliki naluri gol lewat tembakan jarak jauh serta tidak kenal lelah di lapangan.

Di level klub Sir Bobby Charlton juga dikenal sebagai pencetus julukan Theatre of Dreams untuk stadion Old Trafford dan dianggap sebagai legenda Manchester United.

5 dari 6 halaman

Wayne Rooney: 53 Gol

Satu lagi pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United yang tampil moncer bersama timnas adalah Wayne Rooney. Pemain yang kini membela Derby County ini memiliki 120 caps bersama timnas dan berhasil melewati Sir Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak Inggris lewat 53 golnya.

Sebelum menjadi pemain yang bisa diturunkan di mana saja, Rooney dulunya merupakan striker mematikan yang sulit dijatuhkan lawan dan memiliki tembakan mematikan. Di level klub, bersama United Rooney juga memiliki gol yang berlimpah dalam 253 gol dari 559 penampilannya.

Namun, Wayne Rooney belum pernah merasakan meraih piala di level timnas dan hanya meraih sukses besar di level klub.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra, Published 16/11/2020)

6 dari 6 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer