Sukses


Ragam Catatan Istimewa AS Roma Setelah Menjuarai UEFA Conference League

Bola.com, Tirana - AS Roma berhasil mengalahkan Feyenoord pada laga final UEFA Conference League, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. Hasil itu membawa Roma keluar sebagai kampiun edisi perdana turnamen tersebut.

Menjalani pertandingan di National Arena, Tirana, Albania, I Giallorssi mengawali duel dengan percaya diri. AS Roma langsung melancarkan serangan ke pertahanan Feyenoord.

Hasilnya, Roma berhasil unggul lebih dulu berkat gol Nicolo Zaniolo pada menit ke-32. Umpan dari Gianluca Mancini mampu dituntaskan Zaniolo menjadi gol dengan sepakan kaki kiri.

Selepas gol tersebut, AS Roma lebih banyak bertahan. Di sisi lain, Feyenoord semakin gencar melancarkan serangan untuk mencetak gol demi meraih kemenangan.

Namun sampai duel berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. AS Roma berhasil menyudahi laga dengan kemenangan 1-0.

 

2 dari 5 halaman

Serba Perdana

Berkat kemenangan tersebut, Roma berhak atas trofi juara UEFA Conference League musim ini. Tim Serigala Ibu Kota kini menyandang status sebagai juara edisi perdana UEFA Conference League.

Tak hanya itu, AS Roma juga meraih titel juara perdana di turnamen antarklub Eropa. Sebelumnya, Roma pernah merengkuh gelar juara di pentas Eropa pada ajang Inter Cities Fairs Cup pada musim 1960/1961.

Akan tetapi, turnamen tersebut diciptakan untuk melibatkan beberapa kota besar Eropa dan belum diakui UEFA. Roma diundang untuk ikut berkompetisi pada musim 1960/1961 dan langsung menjadi juara.

3 dari 5 halaman

Tim Italia Pertama yang Juara di Eropa

Trofi UEFA Conference League juga membuat AS Roma menjadi tim Italia pertama yang berhasil meraih trofi di turnamen Eropa. Terakhir kali tim Italia menjadi kampiun di Eropa adalah Inter Milan pada 2010 atau 12 tahun silam.

Ketika itu, Inter sukses meraih titel juara Liga Champions 2009/2010 setelah membungkam Bayern Munchen dengan skor 2-0. Uniknya, I Nerazzurri ketika itu diasuh pelatih AS Roma saat ini, Jose Mourinho.

 

4 dari 5 halaman

Akhiri Penantian Selama 14 Tahun

Trofi juara UEFA Conference League juga terasa spesial buat AS Roma. Pasalnya, mereka menyudahi penantian selama 14 tahun untuk kembali meraih titel juara.

Terakhir kali Roma merengkuh trofi adalah di ajang Coppa Italia musim 2007/2008 atau 14 tahun silam. Ketika itu, AS Roma menang 2-1 atas Inter Milan dalam laga final di Stadio Olimpico, 24 Mei 2008.

"Mari kita rayakan sekarang, dan kemudian terbiasa dengan kemenangan seperti ini," ujar kapten AS Roma, Lorenzo Pellegrini.

 

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan:

Kamis, 26 Mei 2022

AS Roma 1 - 0 Feyenoord

Gol: Nicolo Zaniolo 32'

Video Populer

Foto Populer