Sukses


Juara UEFA Conference League, AS Roma Dapat Ucapan Selamat dari Inter Milan dan Carlo Ancelotti

Bola.com, Jakarta - AS Roma berhasil meraih titel juara UEFA Conference League setelah membungkam Feyenoord. Beragam ucapan selamat diterima Roma, termasuk dari Inter Milan dan Carlo Ancelotti.

Bersua Feyenoord pada partai final di National Arena, Tirana, Albania, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB, AS Roma mendapat perlawanan sengit. I Giallorossi mencatatkan 33 persen penguasaan bola, berbanding 67 persen milik Feyenoord.

Roma juga memperoleh tiga peluang bagus dari sembilan kesempatan. Di sisi lain, sang lawan melepaskan 13 tembakan yang tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Meski kalah dominan, AS Roma berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan 1-0. Gol tunggal kemenangan Roma disarangkan Nicolo Zaniolo pada menit ke-32.

Berkat hasil tersebut, I Lupi berhak atas trofi juara UEFA Conference League edisi perdana. Bagi Roma, gelar juara tersebut juga terasa spesial, karena kali pertama meraih titel di turnamen antarklub Eropa.

Sebelumnya, AS Roma pernah merengkuh gelar juara di pentas Eropa pada ajang Inter Cities Fairs Cup pada musim 1960/1961. Akan tetapi, turnamen tersebut diciptakan untuk melibatkan beberapa kota besar Eropa dan belum diakui UEFA.

 

2 dari 5 halaman

Ucapan Selamat dari Inter Milan

Sukses merengkuh titel juara UEFA Conference League, AS Roma dibanjiri ucapan selamat, satu di antaranya datang dari sang rival, Inter Milan.

"Selamat untuk AS Roma dan juga Jose Mouinho untuk keberhasilan mereka di UEFA Conference League," tulis Inter di akun Twitter resmi.

"Kejayaan di Eropa selalu spesial," lanjut pernyataan tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Ucapan dari Carlo Ancelotti

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, juga memberikan ucapan selamat untuk AS Roma. Seperti diketahui, Ancelotti pernah berseragam Roma pada 1979 sampai 1987, dan turut mempersembahkan lima trofi juara.

"Selamat Magica Roma," tulis Ancelotti di akun Twitter-nya.

 

4 dari 5 halaman

Deretan Fakta Istimewa AS Roma

1. AS Roma adalah tim Italia pertama yang memenangkan kompetisi Eropa, setelah terakhir kali diraih Inter Milan pada musim 2010. Ketika itu, Inter juga di asuh Jose Mourinho.

2. Jose Mourinho adalah manajer kedua yang meraih lima trofi di turnamen Eropa setelah Giovanni Trapattoni. Gelar juara milik Mourinho adalah dua Liga Champions (FC Porto dan Inter Milan), dua Piala/Liga Europa (FC Porto dan Manchester United), serta UEFA Conference League (AS Roma).

3. Roma untuk pertama kalinya memenangkan gelar juara di turnamen Eropa. Mereka sebelumnya pernah menjuarai Inter-Cities Fairs Cup 1960/1961. Tetapi kala itu, turnamen tersebut belum diakuit UEFA.

4. Nicolo Zaniolo (22 tahun dan 327 hari) adalah pemain Italia termuda yang mencetak gol di final turnamen Eropa. Sebelumnya ada Alessandro Del Piero (22 tahun, 200 hari) ketika bersua Borussia Dortmund di final Liga Champions pada Mei 1997.

5. Jose Mourinho adalah pelatih pertama yang memenangkan Liga Champions, Piala/Liga Europa, dan UEFA Conference League.

 

5 dari 5 halaman

Hasil Pertandingan:

Kamis, 26 Mei 2022

AS Roma 1 - 0 Feyenoord

Gol: Nicolo Zaniolo 32'

Sumber: Twitter

Video Populer

Foto Populer