Sukses


Gemerlap Sepak Bola Eropa Tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Setelah 21 Tahun: Era Telah Berakhir

Bola.com, Jakarta Gemerlap sepak bola Eropa yang menjadi poros dunia tanpa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ini akhir dari sebuah era.

Musim 2023/2024 akan menjadi yang pertama dalam 21 tahun sejak baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi tidak akan bermain di Eropa.

 

Ronaldo sudah lebih dulu hijrah pada musim lalu ke dan bermain di Arab Saudi. CR7 pindah ke Al-Nassr pada Januari 2022 setelah kontraknya di Manchester United diputus.

 

Penggemar Messi dan Ronaldo melanjutkan argumen mereka yang tidak pernah berakhir tentang pemain mana yang lebih hebat. Bahkan ketika Messi menjuarai Piala Dunia, perdebatan itu masih terus terjadi.

Bahkan juga, ketika akhirnya keduanya meninggalkan benua biru, masih saja ada perdebatan.

Namun, sepertinya sekarang sudah harus disepakati, sebuah era telah berakhir. Era di mana panggung sepak bola dunia menjadi dua poros Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

2 dari 4 halaman

Akhir Sebuah Era

Akhir sebuah era. Ini juga ditegaskan oleh legenda Manchester United, Wayne Rooney. Eks Timnas Inggris itu menyebut era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akhirnya telah berakhir. Tapi, merekalah pesepak bola yang dia yakini saat ini sebagai yang terbaik di dunia.

“Lionel Messi adalah yang terhebat tetapi, pada saat ini, tidak ada yang bermain lebih baik daripada seorang striker yang meskipun saya sendiri memecahkan rekor di posisi itu, membuat saya takjub dengan level yang dia capai," tulis Rooney dalam kolomnya di The Times.

“Dia yang terbaik di dunia karena jumlah yang dia posting, penampilan yang dia tampilkan, dan mentalitas yang dia tunjukkan," lanjutnya.

 

“Kami pernah mengalami era Messi dan Cristiano Ronaldo, sekarang waktunya dia, era Haaland dan Kylian Mbappe. Ketika ada bakat seperti dia di sekitar Anda, Anda hanya harus menikmatinya, bahkan jika dia mengenakan seragam Manchester City," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Zlatan Pensiun

Akhir sebuah era. Sebelum Lionel Messi memutuskan meninggalkan Eropa, Zlatan Ibrahimovic lebih dulu mengakhiri karier sebagai pesepak bola.

Keputusan pensiun itu diungkapkan Zlatan Ibrahimovic pada laga terakhir AC Milan di Serie A 2022/2023. Dihadapan puluhan ribu tifosi yang memadati San Siro, Ibra mengucapkan salam perpisahan yang sangat emosional.

"Pertama kali saya datang, kalian memberikan kebahagiaan dan untuk kedua kali, kalian memberikan saya rasa cinta. Saya ingin berterima kasih pada keluarga dan rekan-rekan dekat saya yang terus memberikan kesabaran terhadap saya," kata Ibrahimovic.

Zlatan Ibrahimovic memutuskan pensiun pada usia 41 tahun. Sepanjang kariernya, Ibra tercatat pernah membela Malmo, Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy.

4 dari 4 halaman

Next: Haaland Vs Mbappe

Seperti yang ditulis Rooney, generasi berlanjut di tangan Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

"Sekarang era Haaland dan Kylian Mbappe. Ketika ada bakat seperti dia di sekitar Anda, Anda hanya harus menikmatinya, bahkan jika dia mengenakan seragam Manchester City," lanjutnya.

Rooney juga percaya bahwa Haaland memiliki potensi untuk mendominasi sepak bola dalam satu dekade ke depan, seperti yang telah dilakukan Messi dan Ronaldo selama 15 tahun terakhir.

“Salah satu hal yang paling saya sukai dari dia adalah betapa berbedanya dia dengan hampir semua pemain modern,” lanjut Rooney.

“Ada sesuatu yang berbeda tentang bagaimana dia bermain, rasa laparnya untuk mencetak gol sangat besar. Seperti yang dilakukan Messi dan Ronaldo, dia bisa mendominasi permainan selama 10 tahun.”

Sumber: The Times

Video Populer

Foto Populer