Sukses


5 Tim Nasional yang Memiliki Generasi Emas: Inggris dan Prancis, Modal Pemain Muda yang Sudah Ngetop

Bola.com, Jakarta - Beberapa tahun lalu, Belgia menjelma menjadi kekuatan yang sangat menakutkan di dunia. Dalam dua edisi Piala Dunia yakni 2014 dan 2018, Belgia merangsek hingga ke perempatfinal dan kemudian menyabet gelar ketiga.

Kedigdayaan Belgia saat itu tak lepas dari membludaknya pemain-pemain bertalenta yang selanjutnya dikenal sebagai Generasi Emas.

Nama-nama beken macam Eden Hazard, Romelu Lukaku, Vincent Kompany, Mousa Dembele, Kevin de Bruyne, dan Axel Witsel merupakan bagian dari skuad mematikan De Rode Duivels.

Hanya saja, Belgia gagal melahirkan kembali pemain-pemain muda berbakat sebagai tulang punggung di Piala Dunia 2022. Masih dihuni wajah-wajah lawas, Belgian tersingkir di fase grup.

Nah, jelang Euro 2024 di Jerman Juni mendatang, sederet pemain muda juga menjadi tumpuan di sejumlah negara yang berlaga.

Aksi mereka sangat dinantikan, karena pemain-pemain muda tersebut tentunya membawa warna tersendiri. Berikut beberapa di antaranya:

2 dari 5 halaman

Inggris

Ini saatnya skuad Inggris berkembang. Dengan usia rata-rata 26 tahun, Inggris tampi bagus di turnamen dalam tiga tahun terakhir, termasuk adu penalti untuk memenangkan Euro 2020.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, pasukan Gareth Southgate tampil menyerang. Ada lebih banyak pemain nomor 9 berkualitas.

Selain itu, sayap kiri juga bertabur bintang. Ada Anthony Gordon, Marcus Rashford, dan Jack Grealish.

Tanda tanya ada di posisi belakang. Anda mungkin membayangkan ada posisi bek tengah di samping John Stones yang bisa diperebutkan, dan posisi penjaga gawang terlihat sedikit goyah.

Namun, jika Southgate bisa memanfaatkan kekuatan para pemainnya, mereka bisa melakukan apa pun yang mereka mau.

3 dari 5 halaman

Prancis

Prancis memiliki bek tengah tangguh, mulai Ibrahima Konate dari Liverpool, William Saliba dari Arsenal, Dayot Upamecano dari Bayern, dan Lucas Hernandez dari PSG.

Lini tengah Prancis diisi Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Eduardo Camavinga, Zaire-Emery, dan Antoine Griezmann.

Prancis akan kembali menjadi favorit juara Euro 2024 mengingat penampilan apik mereka di Piala Dunia 2022 di Qatar.

4 dari 5 halaman

Portugal

Portugal sedang mengalami proses regenerasi. Pepe dan Cristiano Ronaldo menuju Euro 2024 dengan usia gabungan 80 tahun.

Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Ruben Neves, Palhinha, dan Diogo Jota masih akan menjadi andalan.

Di bawah mereka, deretan pemain yang lebih muda Joao Felix, Rafa Leao, Matheus Nunes, Diogo Costa dan Diogo Dalot semuanya hanya tertinggal beberapa tahun.

Antonio Silva, Joao Neves, dan Nuno Mendes masuk generasi yang paling anyar.

Kini, tergantung Roberto Martinez. Apakah dia sukses memadukan pemain dengan pengalaman puluhan tahun, pemain kunci di masa jayanya, dan energi muda.

5 dari 5 halaman

Norwegia

Konsep generasi emas itu relatif. Terkadang Anda hanya membutuhkan beberapa bintang untuk bertabrakan dalam kegelapan dan tiba-tiba segalanya tampak cerah.

Norwegia belum pernah memiliki dua pemain kelas dunia secara bersamaan, mungkin selamanya. Sekarang, mereka memiliki Martin Odegaard dan Erling Haaland.

Oscar Bobb dari Manchester City yang berusia 20 tahun akan memberikan kegembiraan di sayap. Jika mereka bermain dengan kemampuan terbaik, ini bisa menjadi tim terbaik Norwegia.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer