Sukses


Meriahnya Pembukaan Shopee Liga 1, Diisi Tarian dan Aksi Maskot Klub

Bola.com, Surabaya - Kompetisi Shopee Liga 1 2020 secara resmi dibuka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (29/2/2020). Pembukaan itu dilakukan sebelum duel antara sesama klub Jawa Timur, Persebaya kontra Persik Kediri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali hadir untuk meresmikan laga perdana kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut. 

“Bapak Presiden menguaskan saya untuk membuka secare resmi kompetisi Liga 1. Atasnama Presiden Republik Indonesia dan saya, Menpora Republik Indonesia, dengan senantiasi mengharap ridho, dengan resmi saya menyatakan Liga 1 2020 dibuka,” kata Zainuddin di hadapan puluhan ribu penonton.

Kemeriahan acara ini langsung terasa begitu Zainuddin menyebut kata dibuka. Lampu di stadion dimatikan untuk menampilkan kejutan yang telah disiapkan. Di lapangan, ada aksi yang menghibur penonton.

Dalam kondisi gelap, penonton menyalakan lampu telepon seluler masing-masing menambah estetika pencahayaan acara ini. Lagu Highway to Hell yang dipopulerkan oleh band rock asal Australia, AC/DC.

Alunan musik rock membuat penonton menyambut sukacita penampilan yang akan disuguhkan untuk membuat ramai acara ini. Puluhan anak lalu masuk ke dalam lapangan untuk menampilkan sebuah pertunjukan. 

Mulanya, beberapa anak yang mengenakan kaus klub-klub internal Persebaya dari pinggir lapangan membentangkan kain putih. Setelah itu, anak-anak lain dengan mengenakan kaus berwarna-warni mulai masuk lapangan.

Video

2 dari 2 halaman

Nasionalisme dan Kekinian

Lagu Tanah Air membuat suasana haru dalam acara ini. Anak-anak berkumpul di lapangan membentuk lingkaran. Di samping kanan dan kiri terdapat bendera raksasa 18 klub kontestan Liga 1. 

Performa ini menjadi simbol bahwa kompetisi sepak bola harus menjadi alat pemersatu bangsa. Berbagai warna kaus yang dikenakan oleh anak-anak itu melambangkan ragam latar belakang mereka. Seperti Indonesia, dengan berbagai ragam suku atau agama, seluruh masyarakat bersatu dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Anak-anak itu lantas menari dengan lantunan lagu electronic dance music. Beberapa di antaranya sangat populer di kalangan anak muda, terutama karena viral di media sosial dan TikTok. Sontak, penonton menambah kemeriahan dengan pekikan menyambut tarian itu. 

Duo maskot Persebaya, Jojo dan Zoro, tidak ketinggalan ikut menari bersama mereka. Tak ketinggalan, sejumlah maskot klub-klub lain yang juga kontestan Shopee Liga 1 2020 juga ikut hadir dan menari.

Di antaranya adalah Simba dan Prabu (Persib Bandung), Mahesa Jenar (PSIS Semarang), Rooster (PSM Makassar), Mat Peci dan Ayam Wareng (Persita Tangerang), Mas Karebet (Persela Lamongan), Mad Rudji (Madura United), Cek Emas (Borneo FC), Jalbo (Bali United), Si Mapu (Persik Kediri).

Beberapa maskot klub lain terlihat tidak hadir. Di antaranya Sidan (Arema FC), Tiger (Persija Jakarta), dan Falcao (PSS Sleman). 

Mereka lantas menutup aksi di atas lapangan tarian lain. Setelah itu, Menpora Zainuddin Amali dan Ketum PSSI Iwan Bule membuka kompetisi ini secara resmi dengan menendang bola tanda kick-off.

Video Populer

Foto Populer