Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Madura United Bedah 3 Kekuatan Sepak Bola Indonesia, Puji Pemain Punya Kecepatan Tinggi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, menilai banyak sisi positif di sepak bola Indonesia. Penilaian itu muncul setelah dia menemani timnya dalam empat pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 sejak seri ketiga.

Pelatih asal Brasil itu membawa dampak yang cukup apik dengan meraih dua kemenangan dan dua kekalahan dari empat pertandingan bersama Madura United. Perlahan dia mengangkat peringkat tim berjulukan Laskar Sape Kerap itu.

Saat awal Fabio Lefundes tiba, Madura United menduduki peringkat ke-15 atau hanya satu strip di atas zona degradasi. Kini, Laskar Sape Kerap beranjak menuju papan tengah dengan menghuni peringkat ke-12.

Apa saja nilai lebih dan sisi positif sepak bola Indonesia? Menurut Lefundes setidaknya ada tiga, yaitu kekuatan bagus saat membawa bola, pemain punya kecepatan tinggi, dan persaingan ketat karena tim-tim konstentan liga kekuatannya merata. 

“Saya sudah tahu sepak bola Indonesia banyak bawa bola dengan kekuatan yang bagus. Lalu, kecepatan tinggi pemain juga. Saya tahu sewaktu diundang Madura United, pemain seperti apa yang saya punya, sesuai kondisi,” ucapnya.

Arsitek tim berusia 49 tahun itu memandang bahwa persaingan BRI Liga 1 bisa berjalan ketat seiring kekuatan merata tim-tim kontestan. Madura United pun masih berpeluang merangsek ke papan atas.

“Saya melakukan apa yang bisa saya lakukan di dalam tim. Saya sudah empat pertandingan, kami kalah dua kali. Kompetisi ini, semua tim punya kualitas yang sama. Tim yang di atas klasemen bisa menang, kami mencoba memutus itu supaya lebih baik lagi,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Nama Baru di Sepak Bola Indonesia

Fabio Lefundes sebenarnya merupakan nama baru di sepak bola Tanah Air. Selama ini, dia tercatat berkarier di Korea Selatan bersama Jeonbuk Hyundai Motor. Terakhir, dia menjadi bagian Botafogo, klub asal negaranya.

Tapi, semua itu dilakoninya dengan status sebagai asisten pelatih. Madura United jadi klub pertama yang ditanganinya dengan jabatan pelatih kepala. Tentu, unsur serba pertama ini merupakan tantangan yang tak mudah.

“Kami ingin mendapat hasil bagus. Saya bisa memikirkan (persiapan) putaran kedua setelah putaran pertama. Saya melakukan itu dan memperbaiki dari pertandingan ke pertandingan. Kami mau pemain semua bekerja keras,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Perubahan Positif

Madura United sudah banyak melakukan perubahan positif di bawah arahan pelatih Fabio Lefundes. Dari empat laga, mereka terbukti mampu membukukan dua kemenangan bahkan dengan status tak kebobolan.

Berikutnya, sudah ada dua pertandingan yang menanti mereka sebelum memungkasi putaran pertama. Madura United dijadwalkan berjumpa dengan Bali United (9/12/2021) dan Borneo FC (14/12/2021).     

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Madura United

Video Populer

Foto Populer