Sukses


Prediksi BRI Liga 1 Barito Putera Vs PSM: Saatnya Laskar Antasari Beranjak dari Zona Degradasi

Bola.com, Denpasar - Barito Putera bakal terlibat duel sengit dengan PSM Makassar pada pekan ke-21 BRI Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Jumat (28/1/2022) malam WIB.

Laskar Antasari butuh kemenangan untuk segera keluar dari zona degradasi, area yang sejatinya tak pantas buat tim bermaterikan pemain papan atas di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air.

Apalagi tim kebanggaan warga Kalimantan Selatan itu telah mendatangkan Rahmad Darmawan, pelatih berpengalaman yang pernah membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC meraih trofi juara Liga Indonesia.

Tak hanya itu, manajemen Barito Putera melepas seluruh pemain asingnya dengan merekrut Kim Jin-sung (Korsel), Renan Alves, Rafael Silva dan Bruno Matos (Brasil). Keempatnya tentu tak butuh waktu lama untuk adaptasi karena sudah pernah membela tim lain di Liga 1.

Selain legiun asing, Barito juga memakai jasa pemain naturalisasi yakni Raphael Maitimo, Guy Junior, dan Yoo Hyun-goo. Itulah mengapa laga kontra PSM Makassar bakal dijadikan momentum kebangkitan Laskar Antasari.

Seperti dikatakan Bayu Pradana, kapten tim. "Selama saya di Barito Putera, ini situasi paling berat. Tapi kami tak akan menyerah dan putus asa. Kita masih punya banyak pertandingan untuk bangkit."

Komposisi pemain sekarang dan spirit rekan setim membuat deputi kapten Barito Putera itu makin optimistis. "Semua tim punya kadar tekanan masing-masing. Tim yang di papan atas ditekan untuk juara. Tim di bawah berusaha bagaimana caranya naik lagi. Saya kira materi Barito Putera saat ini membuat kami optimistis bisa bangkit," tutur Bayu Pradana.

Modal psikologis Barito jelang laga terbilang baik. Pasalnya, mereka adalah tim pertama yang mengalahkan PSM Makassar di BRI Liga 1. Tepatnya pada laga pekan kelima di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, 27 September 2021.

PSM Makassar yang saat itu berada di papan atas dipermalukan Barito Putera dua gol tanpa balas. Menariknya, dua pencetak gol Barito pada laga itu yakni Aleksandar Rakic dan Rafinha sudah dilepas Barito.

 

2 dari 4 halaman

PSM Siaga 1

Seperti Barito Putera, PSM Makassar juga berada dalam situasi sulit. Dalam lima laga terakhir, skuad Juku Eja hanya meraih satu kemenangan.

Sorotan pun tertuju kepada pelatih anyar, Joop Gall yang sudah mendampingi tim dalam tiga laga dengan hasil satu kemenangan, satu imbang, dan sekali kalah.

Eks pelatih Go Ahead Eagles itu dinilai belum mampu mengangkat penampilan timnya. Laga terakhir kontra Persik Kediri (18/1/2022) jadi acuan. Sepanjang laga yang berdurasi 2x45 menit, Tim Juku Eja tak sekali pun melepaskan tendangan mengarah ke gawang.

Sebaliknya, kiper PSM, Hilman Syah, harus berkali-kali melakukan penyelematan krusial untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Hasil imbang tanpa gol ini membuat posisi PSM Makassar terpaku di papan bawah.

Jeda kompetisi sejatinya bisa dimanfaatkan Joop Gall untuk menemukan formula yang pas untuk membawa timnya meraih kemenangan, sekaligus membalas kekalahan dari Barito pada pertemuan pertama musim ini.

Terutama membangun kerjasama antarpemain yang sempat dikeluhkannya selepas laga kontra Persik. Apalagi pada duel nanti, Joop Gall sudah bisa memainkan striker anyar asal Australia, Golgol Mebrahtu, yang urung melakukan debutnya di BRI Liga 1, karena cedera pangkal paha saat melakukan pemanasan jelang laga menghadapi Persik.

Ibarat perang, PSM sedang berada pada status siaga satu. Pasalnya, sampai pekan ke-20, koleksi poin mereka baru 24 atau hanya unggul tujuh angka dari Persela Lamongan.

Kalau gagal meraih poin dari Barito, PSM harus bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Pasalnya, dalam tiga laga berikutnya mereka menghadapi Persib Bandung (2/2/2022), Bali United (7/2/2022) dan Borneo FC (11/2/2022)

 

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Kartika Aji; Bagas Kaffa, Kim Jin-sung, Renan Alves, Miftah Anwar Sani; Bayu Pradana, Raphael Maitimo; Rizky Pora (C), Rafael Silva, Ambrizal Umanailo; Bruno Matos

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

PSM Makassar (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Dallen Doke, Hasyim Kipuw, Adam Mitter, Abdul Rachman (belakang); Anco Jansen, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Golgol Mebrahtu, Ferdinand Sinaga (depan)

Pelatih: Joop Gall (Belanda)

Prediksi Bola.com: 55-45

Live Indosiar

  • Jumat, 28 Januari 2022
  • Pukul 20.00 WIB
4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barito Putera dan PSM:

Video Populer

Foto Populer