Sukses


Justin Hubner soal Pilih Timnas Indonesia ketimbang Belanda: Dukungan di Sini Jauh Lebih Besar, Kami Memiliki Generasi Sangat Baik

Bola.com, Jakarta - Usia Justin Hubner masih 20 tahun. Dia juga pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda U-20. Kok ia berminat untuk memperkuat Timnas Indonesia yang levelnya sangat jauh dari Belanda?

Untuk diketahui Justin Hubner memilih untuk melepas kewarganegaraan Belanda demi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Per Rabu (6/12/2023), Justin Hubner telah resmi menyandang status WNI setelah diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB.

"Saya merasa bahwa dukungan di Indonesia jauh lebih besar daripada di Belanda," ujar Justin Hubner.

Justin Hubner sebenarnya telah dibidik PSSI sejak tahun lalu dan diproyeksikan untuk membela timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Dia juga sudah masuk skuad timnas U-20 ketika berguru di Spanyol pada November 2022.

Namun, di tengah jalan, proses naturalisasi Justin Hubner mandek. Bek kelahiran Den Bosch, Belanda, ini malah bermain dengan Belanda U-20.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sempat Perkuat Timnas Belanda U-20

Justin Hubner sekali kali memperkuat Belanda U-20 dalam uji coba melawan Timnas Prancis U-20 pada Maret 2023. Dia bertanding sebagai starter selama 90 menit.

Usut punya usut, Justin Hubner berubah pikiran. Bek sekaligus kapten Wolverhampton Wanderers U-21 ini memantapkan hati untuk memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya pikir, kami memiliki generasi yang sangat baik. Jadi, kami bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini," imbuh Justin Hubner.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Gencar Naturalisasi Pemain Keturunan

PSSI memang tengah gencar menaturalisasi pemain keturunan dalam dua tahun terakhir, terutama pesepak bola kelahiran Belanda sama seperti Justin Hubner.

Mulai dari Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, sampai Rafael Struick yang sebelumnya warga negara Belanda, plus Jordi Amat yang lahir di Spanyol.

Sesudah Justin Hubner pun, PSSI masih memproses naturalisasi tiga pemain keturunan yang juga asal Belanda. Ketiganya adalah Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On.

"Saya sangat senang bermain dengan Timnas Indonesia. Saya bangga," imbuh palang pintu berpostur 187 cm tersebut.

Video Populer

Foto Populer