Sukses


Maarten Paes Mengamuk dengan 8 Saves di Amerika Serikat, Timnas Indonesia Menanti Tangan Saktinya untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, St. Petersburg - Maarten Paes mengamuk bersama FC Dallas. Calon kiper Timnas Indonesia itu mencatatkan delapan penyelamatan di US Open Cup 2024.

Jumlah delapan saves itu menjadi yang terbanyak dalam karier Maarten Paes. Penjaga gawang berusia 26 tahun itu juga menjadi man of the match ketika melawan Tampa Bay Rowdies.

Maarten Paes berhasil membawa FC Dallas melaju ke babak perempat final US Open Cup 2024 setelah mengalahkan Tampa Bay Rowdies 2-1 di Al Lang Stadium, St. Petersburg, Florida, pada Kamis (23/5/2024) pagi WIB.

Maarten Paes sebenarnya hampir membukukan cleansheet. Namun, wasit Guido Gonzales memberikan tendangan penalti kepada Tampa Bay Rowdies yang dieksekusi oleh Josh Perez pada menit ke-85.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sedikit Marah

Digital Content Manager FC Dallas, Garrett Melcer, lewat akun X-nya, @GarretMelcer, pada Kamis (23/5/2024) pagi WIB, membagikan pernyataan Maarten Paes yang sedikit kecewa karena ingin sekali nirbobol.

"Terkadang kamu memiliki hari-hari di mana kamu merasa tak terkalahkan dan tidak ada yang bisa melewatimu," ungkap Maarten Paes.

"Saya sedikit marah pada keputusan penalti karena itu menghilangkan catatan tanpa kebobolan saya, dan saya ingin memberi penghargaan pada diri saya dengan itu," kata Maarten Paes.

3 dari 5 halaman

Menunggu Maarten Paes

Sementara itu, Timnas Indonesia masih mempunyai dua slot tersisa dalam daftar pemainnya untuk lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang diyakini akan diberikan kepada Maarten Paes dan Calvin Verdonk.

Timnas Indonesia akan melawan Timnas Irak pada 6 Juni 2024 dan Timnas Filipina pada lima hari berselang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dalam dua pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Maarten Paes sebenarnya telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024, namun perpindahan federasinya dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA diduga belum tuntas.

4 dari 5 halaman

Terganjal Statuta FIFA

Maarten Paes pernah dua kali memperkuat Timnas Belanda U-19, dua kali di Timnas Belanda U-20, dan enam kali untuk Belanda U-21.

Penampilan terakhir Maarten Paes di level timnas adalah bersama Belanda U-21 ketika berlaga selama 90 menit melawan Timnas Belarusia dalam babak Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Ketika itu, Maarten Paes yang lahir pada 14 Mei 1998, telah berumur 22 tahun.

5 dari 5 halaman

Statistik Maarten Paes

Berdasarkan Statuta FIFA yang terbit terakhir pada 2022, Maarten Paes dapat terhambat Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," tulis aturan tersebut.

Bersama FC Dallas di musim ini, Maarten Paes telah berlaga 14 kali. Penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, itu Timnas Indonesia itu menorehkan empat nirbobol dan 18 kali kebobolan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer